Empat Desa di Bengkulu Selatan Segera Terbebas Dari Blank Spot

Empat Desa di Bengkulu Selatan Segera Terbebas Dari Blank Spot

PLAKAT: Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi saat menyerahkan plakat kepada perwakilan Icon Plus sebagai tanda kesepakatan kerjasama mengentaskan daerah blank spot beberapa waktu lalu-Wawan Suryadi-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Empat desa di Kabupaten Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu segera terbebas dari blank spot atau wilayah sulit sinyal telekomunikasi.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemkab Bengkulu Selatan yakni dengan menggandeng Icon Plus yang merupakan anak perusahaan PT.PLN persero yang bergerak di bidang internet.

Untuk itu, empat desa yang ada di Kecamatan Ulu Manna Kabupaten BS yakni Desa Simpang Pino, Talang Tinggi, Kayu Ajaran dan Air Tenam tahun 2022 ini dipastikan akan terbebas dari wilayah blank spot atau wilayah sulit jaringan internet.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) BS, Ir Susmanto, MM menyebutkan, Icon plus merupakan anak perusahaan PLN yang bergerak di bidang internet dan diinisiasi oleh Pemkab BS melalui Diskominfo BS untuk bekerjasama dengan Pemdes se-Kabupaten BS. Hal ini, bertujuan untuk melakukan ekspansi atau perluasan jaringan internet ke daerah yang selama ini masih sulit di jangkau.

BACA JUGA:Bintang Wanita

Bahkan, pada uji coba tahap pertama, sebanyak 46 rumah di Desa Simpang Pino Kecamatan Ulu Manna sudah bisa menikmati jaringan internet yang cukup cepat dan stabil.

"Target kita sebanyak 90 rumah untuk pemasangan tahap pertama, tapi baru terpasang 46 KK. Kami berharap desa yang wilayahnya masih blank spot atau susah dijangkau jaringan agar dapat bekerjasama dengan perusahaan tersebut. Sehingga, seluruh wilayah yang ada di Kabupaten BS ke depannya terbebas dari blank spot," sebut Susmanto.

Ditambahkan Sumanto, untuk tahun 2022 ini pihaknya menargetkan empat desa di wilayah Kecamatan Ulu Manna yang sebelumnya blank spot akan segera terpasang jaringan internet. Dia berharap dengan program ini kebutuhan jaringan internet masyarakat khususnya di wilayah blank spot sebelumnya bisa terpenuhi. Sehingga, bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh penggunanya.

"Rata-rata seluruh kecamatan sudah mengajukan untuk pemasangan jaringan internet dengan program ini. Program kerjasama dengan pihak Icon plus ini akan dilanjutkan hingga 2023," tandasnya.

Sementara itu, Bupati Gusnan Mulyadi mengapresiasi atas apa yang telah dilakukan pihak Diskminfo BS dengan menjalin kerjasama pihak Icon Plus dalam upaya membebaskan wilayah-wilayah blank spot di BS. Apalagi, rereta wilayah kecamatan sudah dapat dijangkau dengan jaringan Icon Plus.

“Disaat era digitalisasi, jaringan internet sangat dibutuhkan, untuk itu kami berharap Pemerintah Desa (Pemdes) bisa bekerjasama dengan Icon Plus untuk pesangan jaringan internet desa,” imbau Bupati. (one)

Sumber: dinas kominfo bengkulu selatan