Budidaya Sidat di Bengkulu Selatan Baru Sebatas Percontohan

Budidaya Sidat di Bengkulu Selatan Baru Sebatas Percontohan

SIDAT: Lokasi budidaya ikan sidat Bengkulu Selatan-Wawan Suryadi-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Budidaya ikan sidat di Bengkulu Selatan baru sebatas percontohan. Pihak Dinas Perikanan Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) terus mengupayakan program Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi ini dapat terealisasi. Karena keterbatasan anggaran, tahun ini baru akan dibuat kolam percontohan.

"Untuk kolam budidaya sidat kita sudah siapkan khususnya di wilayah Seginim," ujar Kepala Dinas Perikanan BS Santono MPd.

BACA JUGA:Wakil Bupati Kaur Lepas Kontingen Jamnas

Dikatakan Santono, pihaknya melibatkan tim ahli dari Universitas Bengkulu (UNIB). Sehingga dengan bimbingan dari pihak UNIB, diharapkan nantinya menambah ilmu bagi masyarakat tentang budidaya sidat. Dengan begitu nantinya masyarakat bisa membuat kolam sendiri.

"Ya, setelah kolam percontohan sukses, baru akan dikembangkan," kata Santono. Diharapkan tahun depan Dinas Perikanan mendapat alokasi dana untuk pengembangan budidaya sidat ini. Sehingga rencana pemerintah daerah menjadikan Kabupaten Bengkulu Selatan sebagai daerah penghasil sidat budidaya dapat tercapai.

Santono optimis budidaya sidat di Bengkulu Selatan bisa dikembangkan. Karena kondisi alam yang mendukung. Selain itu, untuk pemasaran juga tidak sulit.

Karena ikan yang memiliki bentuk tubuh bulat panjang ini digemari sangat digelari masyarakat. Bahkan jika hasil budidaya melimpah, pemasaran bisa menembus pasar internasional. (one)

Sumber: pemda bengkulu selatan