Tunjukkan Keunggulan Desa Lewat Peran Media

Tunjukkan Keunggulan Desa Lewat Peran Media

CAMAT AIR NIPIS : Camat Air Nipis Kabupaten Bengkulu Selatan beserta staf dan para kepala desa dan pimpinan media berfoto bersama-Rozi Juliadi-raselnews.com

BENGKULU SELATAN , RASELNEWS.COM - Para kepala desa di wilayah Kecamatan Air Nipis Kabupaten Bengkulu Selatan berkomitmen mewujudkan pembangunan di desa.

Baik itu kemajuan di sektor pembangunan ekonomi, sumber daya manusia maupun fisik.

Agar pembangunan yang dilaksanakan di desa dapat diketahui oleh pihak luar, para kepala desa ini mengaku akan memanfaatkan pran media untuk menyebarkan informasi pembangunan tersebut kepada masyarakat secara luas.

Para kades juga meminta agar perusahaan media bisa membantu pemerintah desa dalam melancarkan proses membangun.

Terutama yang berkaitan dengan pran media sebagai corong informasi. Para kades ini meminta agar apapun peristiwa yang terjadi di desa mereka, baik itu yang bersifat positif ataupun yang bersifat bencana, agar pihak media bisa meliput dan menyampaikannya kepada publik.

BACA JUGA:Seleksi PPPK di Bengkulu Selatan Fokus Honorer, Formasi Umum Bakal Gigit Jari

“Selain informasi pembangunan, informasi jika ada ancaman bencana atau memang sedang terjadi bencana di desa, kami juga meminta agar rekan rekan media dapat membantu kami menyampaikan kepada pihak lain lewat pemberitaan. Harapan kami tentu lewat berita yang disampaikan dapat menarik simpati pihak luar,”  kata Kades Tanjung Beringin, Sabirin saat silaturahmi dengan para kades di Kecamatan Air  Nipis, Camat Air Nipis Haryanto dan General Manager Surat Kabar Harian Radar Selatan, Sahri Senadi, Kamis 25 Agustus 2022.

Sementara Kades Keban Jati Kecamatan Air Nipis, Wardi mengaku selama ini sudah menjalin kerjasama cukup baik dengan pihak media.

Beberapa kesempatan awak media sudah pernah melakukan peliputan di desa yang dia pimpin. Kedepan dia akan berupaya sinergi antara pemerintah desa yang dia pimpin dengan pihak media khususnya media cetak akan lebih baik lagi.

“Dengan pertemuan ini kami menjadi lebih yakin kalau media itu sebenarnya memiliki pranan penting dalam pembangunan. Dan kami sadari kalau kami sangat membutuhkan media dalam membangun desa ini,” kata Wardi diamini para kades lainnya.

Sedangkan Sekdes Suka Maju, Insari mengaku sudah merasakan dampak positif bekerjasama dengan media. Terutama dalam hal pengelolaan objek wisata di desa mereka. Setelah beberapa kali dimuat beritanya di Koran Harian Radar Selatan dan media online Raselnews.com, lokasi wisata pemandian Lubuk Langkap, tempat wisata playing fox dan tempat camping terbukti banyak dikunjungi para wisatawan.

“Kami sadar sekali kalau pran serta media Radar Selatan ini sangat besar dalam kemajuan di desa kami. Khususnya itu tadi kemajuan pariwisata di desa kami,” jelas Insari.

BACA JUGA:Video Ketua BPD dan Kadus di Seluma Main Judi Beredar, Kades Nanti Agung Lapor ke Inspektorat

Camat Air Nipis, Haryanto SH menyampaikan apresiasi atas kehadiran Surat kabar Harian Radar Selatan dan media online Raselnews.com di daerah yang dia pimpin. Dia berharap pemerintah desa bisa memanfaatkan media ini sebagai mitra dalam melaksanakan pembangunan.

“Saya berterimakasih kepada pihak Radar Selatan dan Raselnews.com yang sudah berkenan hadir dan bersilaturahmi dengan kami. Mudah mudahan kedepan kerjasama yang sudah terjalin baik selama ini akan semakin baik ke depan. Terutama terkait keterbukaan informasi,” tutup camat.

General manager Surat Kabar Harian Radar Selatan, Sahri Senadi dalam kesempatan itu berjanji akan memposisikan diri sebaik baiknya dalam untuk menjalin kerjasama dengan pihak pemerintah kecamatan dan desa di wilayah Air Nipis. Terutama dalam bidang penyampaian informasi.

“Pran kami sebagai corong informasi. Salah satu visi kami ikut serta dalam pembangunan daerah, jadi kami siap bersinergi demi kemajuan pembangunan,” tutup Sahri.

Sahri berharap pemerintah desa tidak segan segan untuk menyampaikan kekurangan dan keunggulan di desa untuk dipublikasikan lewat pemberitaan.

Kekurangan yang dimaksud misalnya soal pembangunan yang tidak bisa ditanggulangi lewat anggaran Dana Desa. Seperti pembangunan jembatan atau perbaikan asset kabupaten atau Negara yang sudah rusak.

Lewat pemberitaan di Surat kabar harian Radar Selatan dan Raselnews.com, kondisi yang terjadi dapat diketahui oleh para pemangku kebijakan. Sehingga bisa dengan cepat dilakukan perbaikan.

Begitu juga dengan kelebihan di desa, misalnya sektor wisata atau sektor lain yang memiliki nilai keunggulan. Dengan dimuat dalam pemberitaan, maka akan diketahui banyak pihak dan tentu akan berpengaruh positif bagi desa.




Sumber: camat air nipis