Banjir Kembali Kepung Kabupaten Seluma

Banjir Kembali Kepung Kabupaten Seluma

BANJIR : Kabupaten Seluma kembali dikepung banjir. Sejumlah desa terendam-Ahmad Fauzan-raselnews.com

SELUMA, RASELNEWS.COM - Hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Seluma sejak Senin petang 29 Agustus 2022 menyebabkan banjir kembali kepung Seluma.

Desa yang kebanjiran meliputi Desa Muara Maras, Desa Padang Bakung, Kecamatan Semidang Alas Maras, Desa Tebat Sibun Kecamatan Talo Kecil, Desa Cahaya Negeri Kecamatan Sukaraja, kemudian ruas jalan di kawasan Desa Pasar Seluma.

Kaur Pembangunan Desa Padang Bakung, Tarmizi, mengatakan ketinggian air di Desa Padang Bakung mencapai 30 centimeter hingga 50 centimeter. Hampir seluruh rumah warga di desa itu terendam banjir.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Tiga Rumah di Keban Jati Terendam Banjir

"Hampir seluruh rumah terendam. Ketinggian air  mencapai 50 centimeter, bahkan banjir juga terjadi di tetangga desa kami yakni Desa Muara Maras," jelas Tarmizi.

Menurutnya, banjir ini merupakan musiman. Karena setiap hujan dengan intensitas tinggi, maka selalu terjadi banjir di wilayahnya.

Kondisi sama dialami warga Desa Tebat Sibun. Banjir juga hampir merendam seluruh pemukiman warga. Ketinggian air mencapai pinggang orang dewasa.

Kepala Desa Tebat Sibun Kecamatan Talo Kecil, Ujang Jahari mengatakan penyebab banjir karena luapan Sungai Air Talo Kecil. Selama ini setiap hujan lebat air sungai itu selalu meluap.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Kaur Kembali Dihantam Banjir

"Selalu seperti ini, setiap hujan pasti air sungai meluap dan terjadi banjir. Pagi rumah masih terendam dan air sudah setinggi pinggang," jelas Ujang Jahari.

Kemudian banjir juga terjadi di Desa Pasar Seluma. Tepatnya di ruas jalan lintas antar desa. Sehingga mengganggu aktivitas masyarakat untuk keluar dari desa.

Kemudian juga terjadi di Desa Sukarami, Kecamatan Seluma Selatan, Desa Cahaya Negeri Kecamatan Sukaraja. Saat ini BPBD Seluma masih melakukan inventarisir wilayah yang terkena banjir

Sumber: berbagai sumber