Besok, Pendaftaran Panwascam untuk Pemilu 2024 di Bengkulu Selatan Dibuka

Besok, Pendaftaran Panwascam untuk Pemilu 2024 di Bengkulu Selatan Dibuka

PENDAFTARAN: Penentuan warna map diatur Bawaslu Bengkulu Selatan dalam seleksi panwascam untuk Pemilu 2024-andri irawan-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM – Sesuai jadwal, besok atau Rabu (21/9/2022), Bawaslu Bengkulu Selatan (BS) resmi membuka pendaftaran dan penerima berkas persyaratan calon anggota Panwascam untuk Pemilu 2024. 

Ingat, pendaftaran ini berakhir 27 September 2022. Bagi warga BS yang berminat, bisa mendowload surat lamaran, riwayat hidup, dan surat pernyataan di bawaslubengkuluselatan.go.id.

“Pendaftaran ini dibuka pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB,” ujar Ketua Bawaslu BS, Azes Digusti S.Kom.

Surat lamaran berikut persyaratan diserahkan ke Sekretariat Bawaslu BS di Jalan Fatmawati Soekarno Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Kota Manna, atau samping kampung Akbid Manna. 

BACA JUGA:Bawaslu Bengkulu Selatan Rekrut Panwascam Pemilu 2024: Ini Persyaratan Lengkapnya

Surat lamaran ini dimasukan dalam map. Nah, agar berjalan tertib, Bawaslu BS membagi tiga jenis warga map berdasarkan daerah pemilihan (dapil).

Map merah untuk pelamar dari dapil satu atau Kecamatan Kota Manna, Pasar Manna, dan Manna. 

Map kuning untuk pelamar dari dapil dua atau Kecamatan Pino Raya, Ulu Manna, dan Pino. Map hijau untuk dapil tiga atau Kecamatan Seginim, Air Nipis, Kedurang, Kedurang Ilir, dan Bunga Mas.

“Sesuai jadwal, pendaftaran sampai tanggal 27 (September). Tapi (pendaftaran) ini bisa diperpanjang jika 30 persen kuota perempuan dari kebutuhan tidak terpenuhi. Perpanjangan 2-8 Oktober,” tegas Ajis. 

BACA JUGA:Rekrutmen Calon Anggota Panwascam Pemilu 2024 di Bengkulu Selatan: 6 Besar di CAT Berhak Ikut Tes Wawancara

Setidak ada beberapa tahapan dalam seleksi ini. Pertama penelitian kelengkapan berkas pendaftaran.

Bagi yang dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat, berhak mengikuti tes tertulis yang akan dilakukan melalui sistem CAT pada 14-16 Oktober 2022.

Di CAT ini, Bawaslu hanya mengambil enam besar per kecamatan yang berdasarkan perolehan nilai atau rangking. Bagi yang masuk enam besar berhak mengikut tes tahap terakhir yakni wawancara pada 18-22 Oktober.

Pada 23-24 Oktober, Bawaslu menggelar pleno penetapan tiga anggota panwascam terpilih untuk 11 kecamatan di Kabupaten BS. (and) 

 

Sumber: bawaslu bengkulu selatan