Rekrutmen Calon Anggota Panwascam Pemilu 2024 di Bengkulu Selatan: 6 Besar di CAT Berhak Ikut Tes Wawancara

Rekrutmen Calon Anggota Panwascam Pemilu 2024 di Bengkulu Selatan: 6 Besar di CAT Berhak Ikut Tes Wawancara

DAFTAR: Bawaslu Bengkulu Selatan kembali membuka pendaftaran panwascam yang dibuka besok atau Rabu (21/9/2022). Terlihat calon anggota panwascam untuk Pilkada 2020 silam saat menyerahkan berkas -DOK-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bengkulu Selatan (BS) akan menggunakan system computer assisted tes (CAT) pada seleksi tahap pertama dalam rekrutmen panitia pengawas kecamatan (Panwascam) untuk Pemilu 20224, yang pendaftarannya dibuka pada 21 September ini.

“Kemungkinan CAT. Seperti saat Pilkada 2020. Tapi ini sifatnya situsional. Maksudnya, melihat situasi dan kondisi seperti jaminan jaringan internet dan listrik. Sebab, ada daerah yang mungkin manual, bukan CAT. Jika terjadi hal-hal diluar dugaan, bisa saja tes tertulis ini terpaksa kita lakukan secara manual,” jelas Ketua Bawaslu BS, Azes Digusti SKom.

Dalam seleksi tahap pertama ini, pengetahuan peserta calon anggota panwascam benar-benar diuji.

BACA JUGA:Bawaslu Bengkulu Selatan Rekrut Panwascam Pemilu 2024: Ini Persyaratan Lengkapnya

Sebab kata Ajis, sapaan Azes Digusti, dalam tes tertulis yang dilaksanakan pada 14 Oktober nanti, hanya ranking enam besar yang berhak melaju tes tahap kedua yakni wawancara yang dilaksanakan 18 Oktober.

Enam besar ini pastinya berdasarkan jawaban yang diraih para peserta setiap kecamatan.

“Di CAT ini sistem gugur. Ranking enam besar setiap kecamatan berhak mengikuti tes kedua yakni wawancara. Dari enam ini, diambil tiga sebagai panwascam terpilih,” jelas Ajis.

BACA JUGA:Nama 6 Calon Bawaslu Terpilih Dikirim 9 Agustus

Bagaimana jika didapati perolehan nilai yang sama? Menurut Ajis semuanya berhak mengikut seleksi wawancara.

“Misal, ada tiga orang yang meraih nilai sama di urutan keenam. Jadi, tiga-tiganya berhak ikut wawancara. Artinya, bisa saja per kecamatan itu ada lebih dari enam orang yang ikut wawancara,” pungkas Ajis. (and).

Sumber: bawaslu bengkulu selatan