TPI Pasar Bawah Terkesan Dibiarkan Rusak

TPI Pasar Bawah Terkesan Dibiarkan Rusak

RUSAK: Kondisi Tempat Pelelangan Ikan Pantai Pasar Bawah kini tampak rusak-wawan suryadi-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Kondisi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Pantai Pasar Bawah terkesan dibiarkan rusak. Padahal kerusakan sudah sejak lama terjadi. Tetapi aset itu belum juga diperbaiki.

Keselamatan ratusan orang datang ke TPI untuk menjual dan membeli ikan setiap hari terancam.

Karena bisa saja sewaktu waktu konstruksi bangian atas gedung yang sudah lapuk itu rumtuh dan menipa masyarakat.

"Sangat memperihatinkan sekali, satu-satunya TPI di Kabupaten Bengkulu Selatan yang menjadi pusat tujuan utama para pembeli ikan segar justru kondisi bangunannya terkesan dibiarkan rusak, seharusnya ini tidak terjadi, terlebih warga yang datang berkunjung kesini bukan hanya warga Bengkulu Selatan saja. Melainkan banyak dari kabupaten tetangga seperti Pagaralam," terang Rohin (48) salah satu warga yang sering datang ke TPI membeli ikan.

BACA JUGA:Perbaikan TPI Butuh Rp 1 Miliar

Dikatakan Rohin, gedung tersebut tinggal menunggu waktu ambruk karena rangka bangunan sudah banyak rapuh dimakan rayap. Dia berharap pemerintah tidak berdiam diri. 

Senada disampaikan Anton (37) nelayan Pasar Bawah, rangka penahan bangunan sudah banyak rapuh, seng atap bangunan sudah banyak yang lepas akibat tiuapan angin.

"Sebenarnya para nelayan sudah lama mengusulkan kepada pihak pemerintah untuk perbaikan gedung TPI tersebut agar para nelayan, pedagang, pembli ikan nyaman, tetapi gedung tersebut sampai saat ini belum juga diperbaiki," sesal Anton.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan BS, Santono M.Pd menuturkan terkait gedung Tempat Pelelangan Ikan pihaknya selama ini telah mengusulkan bantuan melalui dana APBN untuk rehab, namun belum mendapatkan hasil yang diharapkan.

BACA JUGA:Tahun Depan, TPI Diusulkan Direhab

Tapi pihaknya tetap berharap kepada pengujung, nelayan serta pedagang ikan yang saat ini masih memanfaatkan gedung tersebut untuk selalu waspada.

"Muda-mudahan tahun depan gedungnya bisa direhab. Sebab, ada dukungan dana APBD, terlebih lagi, ada support dewan," terangnya. (one)

 

Sumber: