Ini Cara Dapatkan Akun Belajar

Ini Cara Dapatkan Akun Belajar

Ilustrasi pelajar -Rezan Okta Wesa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Satuan pendidikan saat ini terus berinovasi meningkatkan proses pembelajaran berbasis digital. Salah satunya dengan akun belajar.id.

Akun ini bertujuan memudahkan para guru ataupun siswa mendapatkan materi pendidikan secara luas.

Untuk mendapatkan akun ini, guru ataupun siswa harus mengikuti beberapa langkah penting. Diantaranya guru atau siswa harus halaman https://belajar.id/, lalu masukkan data diri mulai dari nama lengkap, nama ibu kandung, dan klik tipe pengguna (Peserta Didik atau Pendidik). Selanjutnya, masukkan tanggal lahir dan Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN).

“Akun Pembelajaran diberikan kepada peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dari berbagai satuan pendidikan, mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan Kesetaraan. Dengan mengakses akun ini, maka guru ataupun siswa lebih mudah mendapatkan berbagai kebutuhan belajar mengajar,” ujar Kabid PTK Dinas Dikbud BS, Amir Syopian, M.Pd.

BACA JUGA:Cara Mendapatkan Akun Belajar.Id

Setelah guru maupun siswa berhasil melengkapi data diri, selanjutnya masuk pada laman pemeriksaan akun pembelajaran. Di tahap ini nantinya, Amir menyebut guru atau siswa akan mendapatkan informasi apakah Akun Pembelajaran sudah tersedia atau belum.

“Apabila akun tersedia dan sudah aktif, artinya sudah bisa menggunakan akun pembelajaran untuk mengakses berbagai aplikasi pembelajaran,” ungkapnya.

Namun, apabila terdapat keterangan bahwa akun pembelajaran belum aktif namun sudah tersedia, maka guru ataupun siswa wajib melakukan verifikasi akun melalui gmail. Pada laman ini, akan ada ikon khusus untuk verifikasi akun.

“Secara keseluruhan prosesnya tidaklah sulit. Tapi memang, perlu ketelitian dan kesabaran. Kami harapkan, guru dan siswa bisa melengkapi data ini dan mendapatkan akunnya. Karena banyak sekali platform pendidikan yang disediakan di sini,” sambung Amir.

Hingga saat ini, dirinya mengaku sudah banyak guru ataupun peserta didik yang memiliki akun belajar.id. Bahkan, guru sudah sering mengikuti berbagai pelatihan dan workshop online dari tutor belajar.id selama pembelajaran daring berlangsung.

“Makanya kami minta guru dan siswa lebih aktif dalam memaksimalkan potensi pembelajaran sekarang ini. Sebab, ada banyak layanan dan fasilitas yang sudah disediakan pusat,” pungkasnya. (rzn)

Sumber: dikbud bs