Alat Berat Tak Datang, Pengerukan Muara Sungai Air Manna Batal

Alat Berat Tak Datang, Pengerukan Muara Sungai Air Manna Batal

TINJAU: Wabup Bengkulu Selatan meninjau lokasi pendangkalan muara Sungai Air Manna di Pasar Bawah-wawan suryadi-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM – Keluhan nelayan Pasar Bawah terkait pendangkalan di bibir muara sungai Air Manna ditindaklanjuti Pemkab Bengkulu Selatan (BS).

Kamis, 22 September 2022, pengerukan sejatinya mulai dilakukan pascaWabup BS H.Rifa'i Tajudin, S.Sos dan Kepala Dinas Perikanan BS, Santono meninjau lokasi.

Hanya saja, pengerukan batal lantaran alat berat yang akan digunakan belum tiba di lokasi.

Pemkab BS tetap berupaya akan melakukan pengerukan agar perahu nelayan dapat dengan mudah keluar masuk muara. 

BACA JUGA:Mulut Muara Sungai Air Manna Dangkal Lagi, Perahu Kesulitan Keluar Masuk

"Ya, saya sudah meninjau langsung. Dalam waktu secepatnya akan kami perbaiki dengan dikeruk. Ini kan menyangkut kepentingan orang banyak, khususnya para nelayan. Jadi harus segera dilakukan pengerukan dan saya sudah mengecek langsung kondisi muara," terang Wabup.

Terpisah, Kepala Dinas Perikanan BS Santono, M.Pd membenarkan upaya untuk melakukan pengerukan di muara sungai Air Manna tersebut rencananya akan dilakukan Kamis (22/9/2022). Tetapi masih terkendala dengan alat berat sehingga ditunda hari ini (23/9/2022). 

Pihaknya akan menurunkan langsung satu unit alat berat berupa eksavator untuk proses pengerukan alur tersebut. Hanya saja, pengerukan ini hanya di bagian muara buatan saja.

BACA JUGA:Dilema Nelayan Bengkulu Selatan Pascanaiknya Harga BBM: Melaut Rugi, Tak Melaut Kebutuhan Tak Terpenuhi

Sedangkan untuk muara utama, belum dapat dilakukan lantaran posisinya sangat dekat dengan laut sehingga berbahaya bagi pekerja.

"Yang terpenting para nelayan di sana bisa kembali keluar masuk untuk ke kaut mencari rezeki. Memang kalau baiknya harus dibangun pembatas dengan dibangun beton. Sayangnya, kondisi keuangan daerah belum memungkinkan," terang Santono. (one)

 

Sumber: