Kembangkan Tanaman Percontohan

Kembangkan Tanaman Percontohan

Ilustrasi tanaman-Rezan Okta Wesa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) kembali mengembangkan tanaman percontohan untuk masyarakat.

Tanaman ini dikelola di halaman Kantor DKP BS Jalan H. Yasin Kecamatan Kota Manna. Tanaman ini dikemas dengan model penanaman bermacam-macam, mulai dari semi konvensional, modern dan vertikal serta pemanfaatan barang bekas.

Kepala DKP BS, Ir. Iskandar AZ mengaku, beberapa tanaman yang dicontohkan mulai dari terong ungu, bayam, pakcoy, kubis, cabai, seledri, tomat hingga buah labu.

“Sekarang lagi fokus pada pengelolaan tanaman percontohan, ini sebagai wadah edukasi masyarakat dalam mengembangkan tanaman pangan di pekarangan rumah,” ujarnya.

BACA JUGA:DKP Bengkulu Selatan Buka Pasar Murah, Beras Cuma Rp 9 Ribu per Kilogram

Dijelaskan Iskandar, minat masyarakat BS dalam mengembangkan tanaman pangan sudah mulai meningkat. Namun, teknik penanaman dan pengelolaan media tanam  masih belum optimal. Alhasil, panen tanaman tersebut tidak cukup mumpuni.

“Masyarakat masih fokus dengan cara klasik, tidak mau ciba cara baru. Makanya kami akan contohkan cara tanam yang ideal dan berkualitas. Karena, mengelola tanaman juga merupakan aktifitas yang menyenangkan,” kata Iskandar.

Sejauh ini, ada beberapa kelompok wanita tani (KWT) yang sudah berhasil mengelola tanaman pangan secara mandiri dengan metode tanam modern. Milsanya KWT di Kecamatan Bunga Mas, KWT Kecamatan Manna dan KWT Kecamatan Pino Raya.

“Jika nanti semua masyarakat telah memahami berbagai teknik penanaman, maka tinggal ditambah dengan proses penyiapan pupuk organik,” tuntas Iskandar. (rzn)

Sumber: dkp bengkulu selatan