Kecewa, Warga Gotong Royong Perbaiki Lantai Jembatan

Kecewa, Warga Gotong Royong Perbaiki Lantai Jembatan

PERBAIKAN : Warga Desa Sebilo dan Kota Bumi Kecamatan Pono melakukan gotong royong perbaikan lantai jembatan menuju akses Desa Ganjuh Kecamatan Pino -Wawan Suryadi-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Warga Desa Sebilo dan warga Desa Kota Bumi Kecamatan Pino gotong royong (goro) memperbaiki lantai jembatan belly di Desa Sebilo yang rusak menahun. Masyarakat kecewa jembatan itu tak kunjung diperbaiki oleh pemerintah. Kegiatan gotong royong tersebut dipimpin Camat Pino, Surahman SH.

"Kami bersama warga gotong royong mengganti lantai jembatan yang telah lama rusak," kata  Surahman.

Dikatakan Surahman, sebelum dilaksanakan gotong royong lantai jembatan yang terbuat dari kayu sudah banyak yang lapuk. Sejak dibangun tahun 1991 lalu, hingga saat ini tak ada tanda-tanda akan dilakukan perbaikan.

"Dulu mobil bisa lewat, saat ini sepeda motor pun tidak  bisa lewat, sehingga kami sepakat goro melakukan perbaikan lantai jembatan seadanya," ujar Camat.

BACA JUGA:Ayooo Aktifkan Kembali Budaya Gotong Royong

Dengan telah diperbaikinya lantai jembatan tersebut, saat ini kendaraan roda dua sudah bisa melewatinya. Hanya saja untuk kendaraan roda empat tetap dilarang lewat. Sebab dikhawatirkan jembatan tersebut tidak kuat lagi menahan beben berat, sehingga ditakutkan terjun ke sungai Air Sebilo. Untuk itu, dirinya berharap Pemda BS dapat segera memperbaiki jembatan tersebut.

Kepala Desa Sebilo, Inudi Johyan mengaku, jembatan tersebut panjangnya 40 meter dengan lebar 2 meter. Saat baru dibangun, tidak hanya sepeda motor yang bisa melintas, namun mobil juga bisa melintasi jembatan tersebut. Jembatan yang melintas di atas sungai Air Sebilo tersebut menjadi akses penghubung Desa Sebilo dan Desa Kota Bumi dengan Desa Ganjuh, serta akses warga untuk ke tempat usaha pertanian mereka.

"Jembatan itu juga sebagai akses warga ke  tempat usaha pertanian di seberang sungai Air Sebilo dan Desa Ganjuh," terang Kades.

Dengan dilakukan kegiatan gotong royong ini, maka dirinya mengucapkan terima kasih kepada Camat Pino dan juga Koramil Pino yang telah berpartisipasi membantu masyarakat bergotong royong mengganti lantai jembatan tersebut. Dirinya sangat berharap agar Pemda BS segera memperbaikinya, agar akses lalu lintas lancar kembali.

"Sejak dibangun puluhan tahun lalu, belum pernah diperbaiki, kami sangat berharap Pemda BS dapat segera memperbaikinya kalau bisa dibuat jembatan permanen," harap Inudi. (one)

Sumber: camat pino