Penyidik Serahkan Audit DD Nanti Agung ke Inspektorat

Penyidik Serahkan Audit DD Nanti Agung ke Inspektorat

Ilustrasi korupsi dana desa di bengkulu-dok-raselnews.com

SELUMA, RASELNEWS.COM - Penyidik Unit Tipikor Polres Seluma telah menyerahkan berkas ke Inspektorat Seluma untuk permintaan audit dana desa (DD) Desa Nanti Agung Kecamatan Ilir Talo.

Audit ini dilakukan dalam rangka penyelidikan dugaan penyelewengan yang dilaporkan oleh Ketua BPD Nanti Agung, Darmi Abadi bersama dengan warga setempat.

Laporan dugaan penyelewengan ini sendiri dilaporkan setelah Ketua BPBD dilaporkan bermain judi malam 17 Agustus lalu ke Inspektorat oleh Kades Nanti Agung, Rejmi Erwin.

Kapolres Seluma AKBP Darmawan Dwiharyanto, SIK melalui Kasat Reskrim Iptu Dwi Wardoyo MH membenarkan mengenai hal ini.

BACA JUGA:9 Tenaga Kerja di Proyek DD Padang Genting Diperiksa Jaksa, Hasilnya? Jaksa Temukan Fakta Baru

"Setiap laporan yang masuk kami tindaklanjuti. Termasuk laporan dugaan penyelewengan DD Nanti Agung. Kami sudah meminta audit ke Inspektorat. Jika memang ditemukan adanya kerugian Negara, maka akan kami lanjutkan penyelidikannya," tegas Kasat Reskrim.

Kasat mengatakan, dari laporan yang masuk dugaan penyelewengan anggaran DD pada kegiatan pengadaan alat protokol kesehatan (prokes) dalam rangka pencegahan covid-19 pada tahun 2021 lalu.

Kemudian pembangunan jembatan sentraproduksi pada tahun 2020 lalu dengan anggaran yang digunakan lebih dari Rp 500 juta. Sehingga untuk membuktikan laporan yang disampaikan, penyidik meminta dilakukan audit oleh Inspektorat.

"Setiap laporan yang masuk kami tindaklanjuti. Kemudian jika memang ada kerugian dari hasil audit. Akan kami lanjutkan penyelidikan. Tapi jika tidak, maka akan kami hentikan. Sama halnya seperti laporan DD Kelurahan Jenggalu. Dimana dari hasil audit tidak ditemukan kerugian," tegas Kasat Reskrim.

Sementara itu, sebelumnya Kepala BPD Nanti Agung, Darmi Abadi mengatakan bahwa dugaan penyelewengan anggaran di desanya sangat kental. Sehingga pihaknya meminta agar dilakukan audit secara menyeluruh. (rwf)

Sumber: polres seluma