Seleksi PPPK Tahap III Resmi Dibuka: Siapkan Berkas! Peserta Lama Tak Harus Daftar Lagi

Seleksi PPPK Tahap III Resmi Dibuka: Siapkan Berkas! Peserta Lama Tak Harus Daftar Lagi

ilustrasi pppk-DOK-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) guru tahap III 2022 resmi dibuka.

Pelamar atau calon peserta di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) sudah bisa mempersiapkan berkas yang dibutuhkan sesuai petunjuk teknis (juknis) pelaksanaan PPPK untuk segera diinput di laman resmi pendaftaran PPPK.

Kasi Pembina SMK dan Khusus Kantor Cabdindik Wilayah III Manna, Novon Defrianto, S.Pd membenarkan informasi pembukaan seleksi PPPK tahap III.

BACA JUGA:Formasi ASN PPPK Segera Ditetapkan

Calon peserta sudah bisa melihat teknis dan syarat yang tertera pada laman https://jdih.kemdikbud.go.id/detail-peraturan?main=3196 serta laman https://gurupppk.kemdikbud.go.id.

“Infonya sudah dibuka, namun teknis pelaksanaan belum turun ke kami. Termasuk surat keputusan (SK) untuk tim pelaksana seleksi di daerah,” ujarnya dikonfrimasi Raselnews.com via telepon, Ahad (25/9/2022).

Secara umum lanjut Novon, gambaran seleksi masih sama halnya dengan periode sebelumnya. Di seleksi tahap III ini, tetap memperbolehkan pelamar baru yang sebelumnya tidak pernah ikut seleksi.

BACA JUGA:Bupati Bengkulu Selatan Minta Gaji PPPK Dianggarkan MenPAN-RB

Namun prioritas utama tetap peserta yang belum lulus pada seleksi tahap I dan II. Bahkan peserta lama tak perlu repot mengisi ulang berkas pendaftaran. Data mereka secara otomatis tersimpan pada data base seleksi PPPK tahap I dan II.

“Peluang peserta lama cukup besar di seleksi ini, tapi mereka juga harus bersaing dengan pendatang baru. Karena aturannya memperbolehkan pendatang baru ikut seleksi,” beber Novon.

Sementara kepastian formasi yang didapat Kabupaten BS, dirinya belum bisa memastikan. Jika melihat total formasi yang belum terisi pasca seleksi PPPK tahap I dan II, BS masih butuh sebanyak 240 ASN guru PPPK.

BACA JUGA:Formasi PPPK 2022 untuk Tenaga Teknis Minim, Ini Menurut MenPAN-RB

Disamping itu, untuk detail tim panitia seleksi daerah (panselda) PPPK tahap III juga belum dibentuk. Sehingga, akurasi tempat, waktu hingga sesi seleksi juga belum bisa ditentukan.

“Berkaca dari seleksi tahap I lalu, kami (panselda) baru bisa bergerak setelah SK keluar. Namun, kali ini kami belum tahu apakah nanti Cabdindik masih tergabung di Panselda atau semuanya difokuskan ke Disdikbud Bengkulu Selatan,” papar Novon.

Dihubungi terpisah, Kasi PTK Kebudayaan Bidang PTK Disdikbud BS, Iwan Irawan, SE, MM belum bisa berkomentar banyak terkait jadwal pasti seleksi PPPK. Baginya, hasil rekonsilidasi tim Disdikbud BS terkait PPPK baru dipaparkan hari ini, Senin, 26/9.

“Saya belum dapat laporannya dari tim yang berangkat. Insya Allah besok (hari ini) ada pemaparan dari tim. Namun, pembukaan seleksi sudah dipastikan serentak sesuai dengan arahan pusat,” beber Iwan. (rzn)

Sumber: