Dewan Minta Pemerintah Serius Tangani ODHA

Dewan Minta Pemerintah Serius Tangani ODHA

Dodi Martian penerima mandat Golkar untuk maju pilkada Bengkulu Selatan tahun 2024-dok-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Ketua Komisi III DPRD Bengkulu Selatan, Dodi Martian, S.Hut, MM meminta pemerintah serius memperhatikan orang dengan HIV aids (ODHA). Sebab penyakit yang disebabkan virus tersebut sangat berbahaya dan rentan menular.

“Penanganan ODHA (orang dengan hiv aids) harus dilakukan serius. Warga yang menderita penyakit itu harus diberi perawatan maksimal, dan juga harus dicegah agar tidak terjadi penularan kepada orang lain,” kata Dodi.

Dikatakan Dodi, penyakit HIV AIDS merupakan salah satu penyakit berbahaya. Penularan penyakit itu biasanya terjadi melalui hubungan intim, jarum suntik ataupun intreaksi lain. Dengan kebiasaan masyarakat BS yang terkesan sudah cukup “modern”, penularan HIV sangat rentan terjadi.

BACA JUGA:11 Warga Seluma Mengidap HIV, 1 Meninggal Dunia

“Di Bengkulu Selatan ini kan sudah ada tempat hiburan malam, kemudian penyalahgunaan obat-obatan juga sudah marak. Kebiasaan-kebiasaan itu tentu sangat rawan menjadi wadah penularan penyakit HIV dan sejenisnya,” ujar Dodi.

Dodi meminta Dinas Kesehatan sebagai OPD teknis rutin melakukan pengawasan untuk memastikan orang yang menderita penyakit HIV AIDS. Jika penderitanya sudah terdeteksi, pencegahan penularan bisa lebih mudah.

“Jangan sampai ada penderita HIV AIDS yang bebas berinteraksi dengan warga lain, kemudian secara tidak sadar menularkan penyakit itu ke banyak warga. Sebelum itu terjadi, harus dicegah,” pinta Dodi. (yoh)

Sumber: dodi martian