Tersisa 14 Desa Belum Cairkan DD Tahap 3

Tersisa 14 Desa Belum Cairkan DD Tahap 3

PENGAJUAN : Proses pengajuan pencairan dana desa di BPKAD Bengkulu Selatan-Wawan Suryadi-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Hingga kemarin (28/9/2022) masih 14 desa lagi yang belum mencairkan Dana Desa (DD) tahap tiga dari 142 desa yang ada di Bengkulu Selatan.

Desa yang belum mengajukan proses pencairan diminta segera mengajukan berkas ke BPKAD untuk secepatnya diproses, mengingat pencairan DD dilakukan di KPPN Manna, sedangkan pihak BPKAD hanya memproses surat perintah pencairan dana (SPPD).

Besaran DD tahap III atau tahap akhir tahun ini yang akan dicairkan masing-masing desa sesuai ketentuan 20 persen dari alokasi APBDes. Setiap desa rerata mengajukan pencairan DD tahap III berkisar Rp 80 juta.

BACA JUGA:Penyaluran Dana Desa Rp258 M, Terbesar di Bengkulu Selatan

“Kami sudah menyampaikan pemberitahuan agar pemerintah desa yang belum mengajukan pencairan segera menyampaikan, mengingat waktu efektif tinggal tiga bulan lagi,” ujar Kepala BPKAD BS, Nuzmanto M.Adil ST melalui PPTK DD/ADD, Ujang Ali SE.

Dikatakan Ujang Ali, bagi desa yang tidak segera mengajukan pencairan DD tahap III, maka akan terhambat juga proses transfer dana untuk pencairan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap akhir atau triwulan empat tahun ini. Begitupun, untuk Alokasi Dana Desa (ADD) diharapkan Pemdes untuk segera mengajukan berkas pencairan.

“Untuk DD tinggal belasa desa lagi, tetapi untuk pencairan ADD memang belum diproses kemungkinan bulan depan mulai proses pengajuan pencairan, kini masih fokus dengan penuntasan pencairan DD,” terangnya. (one)

Ini Desa yang belum ajukan pencairan DD Tahap III:


1. Desa Air Umban Kecamatan Pino
2. Desa Kota Bumi Kecamatan Pino
3. Desa Padang Tambak Kecamatan Pino
4. Desa Sebilo Kecamatan Pino
5. Desa Cinto Mandi Kecamatan Pino Raya
6. Desa Suka Bandung Kecamatan Pino Raya
7. Desa Durian Seginim Kecamatan Seginim
8. Desa Muara Danau Kecamatan Seginim
9. Desa Padang Siring Kecamatan Seginim
10. Desa Gunung Kayo Kecamatan Bunga Mas
11. Desa Tanjung Aur Kecamatan Bunga Mas
12. Desa Jeranglah Tinggi Kecamatan Manna
13. Desa Tanjung Besar Kecamatan Manna
14. Desa Kota Padang Kecamatan Manna
(Sumber : BPKAD BS)

Sumber: bpkad bengkulu selatan