Lusa, Pendaftaran Seleksi PPPK Guru Dibuka

Lusa, Pendaftaran Seleksi PPPK Guru Dibuka

Ilustrasi Guru PPPK-DOK-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Seleksi PPPK guru akan segera dibuka. Jika tidak ada halangan, proses pendaftaran mulai dibuka Rabu (5/10/2022), lusa.

Pendaftaran dilakukan secara daring (online) dan serentak se-Indonesia melalui laman sscasn.bkn.go.id.

Teruntuk calon peserta baru yang ingin mendaftar, harus mempersiapakan berbagai berkas penting.

Di antaranya ijazah asli, transkrip nilai asli, surat keterangan sehat jasmani asli, surat keterangan sehat rohani asli, surat keterangan bebas NAPZA asli, SKCK setingkat Polres asli serta pas foto terbaru dengan latar belakang warna merah.

BACA JUGA:Pemda Tak Perlu Khawatir Soal Gaji PPPK Guru 2022, Pemerintah Sudah Anggarkan Rp14 Triliun

Sedangkan untuk calon peserta yang sebelumnya telah mengikuti seleksi PPPK tahap I dan II, hanya perlu meregistrasi ulang.

Tidak perlu melakukan pemberkasan karena sudah tersimpan di database portal.

“Jadi silahkan calon peserta pahami teknisnya sesuai yang disampaikan di laman sscasn.bkn.go.id,” ujar Kadis Dikbud Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), Novianto, S.Sos, M.Si.

Tidak ada batasan jumlah pendaftar, panitia bakal menyeleksi calon peserta sesuai kelengkapan berkas yang diunggah.

Informasinya, kuota PPPK Guru lingkungan Dinas Dikbud BS akan menyeleksi sisa kuota yang belum terpenuhi, 240 formasi.

BACA JUGA:PGRI Bengkulu Selatan Gelar Pelatihan Pra Tes PPPK

“Selagi memenuhi syarat, silahkan mendaftar dan lengkapi syarat. Bisa jadi lulus seleksi administrasi dan bisa ikut dalam tes kompetensi nantinya,” beber Novianto.

Meski sudah mendapatkan informasi jadwal pendaftaran, Novianto mengaku belum mendapatkan kepastian jadwal pelaksanaan tes.

Nantinya akan digelar rapat bersama tim pelaksana daerah yang terdiri dari Sekkab BS Sukarni, M.Si sebagai ketua dan beberapa pejabat BKPSDM BS dan Dinas Dikbud BS.

“Nanti tesnya akan diselenggarakan penuh oleh tim daerah. Tapi kapan waktunya, masih menunggu konfirmasi pusat dan rapat tim,” ungkap Novianto.

Ajukan Anggaran Rp300 Juta

Sementara itu, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) BS telah mengajukan usulan anggaran Rp300 juta untuk pelaksanaan seleksi PPPK melalui APBDP 2022.

“Karena pada RAPBDP anggaran seleksi PPPK belum diajukan, setelah rakor yang diikuti Bupati bersama KemenPAN-RB, langsung diusulkan biaya anggaran seleksi,” ujar Plt Kepala BKPSDM BS, Didi Krestiawan SE.

BACA JUGA:Bengkulu Selatan Dapat 240 Formasi PPPK Guru, Catat Tanggal Seleksinya

Ia juga mengaku belum mengetahui kebutuhan anggaran pelaksanaan seleksi PPPK. Namun anggaran Rp300 juta yang disiapkan diperkirakan dapat mencukupi biaya pelaksanaan seleksi.

“Prinsipnya Pemkab BS menyiapkan alokasi anggaran untuk seleksi. Jangan sampai nanti menjadi hambatan. Terkait teknis pelaksanaan nanti menunggu instruksi pusat, sampai saat ini belum ada petunjuk teknis (Juknis) pelaksanaan,” pungkas Didi. (rzn/one)

Sumber: