Bangun Pangkalan Gas Khusus Nelayan

Bangun Pangkalan Gas Khusus Nelayan

Ilustrasi BBM untuk nelayan-istimewa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Sebagai upaya untuk mengantisipasi kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) bagi para nelayan disetiap daerah.

Sekaligus mendukung pengalihan penggunaan BBM pada mesin kapal nelayan ke Bahan Bakar Gas (BBG). Rencananya, pemerintah pusat akan membangun pangkalan gas khusus nelayan di setiap kabupaten/kota di Indonesia termasuk di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Kepala Dinas Perikanan BS, Santono M.Pd membenarkan, bahwasanya Kabupaten BS memang akan menerima bantuan pembangunan pangkalan gas khusus bagi para nelayan.

BACA JUGA:Seluma Bangun SPBU Khusus Nelayan

Pembangunan tersebut akan dibiayai langsung oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI. Sedangkan, untuk pembangunannya akan dinaungi langsung oleh pihak Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas).

"Rencana pangkalan gas akan di bangun oleh BPIH Migas disetiap kabupaten/kota termasuk di Kabupaten Bengkulu Selatan," kata Santono.

Kapan pembangunan dimulai masih belum pasti. Sebab, pembangunan tersebut akan dilakukan oleh pihak ketiga. Saat ini masih tahapan pengusulan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. Begitupun untuk lokasi pembangunannya. Jika memungkinkan, mudah-mudahan tahun depan terlaksana.

“Yang jelas, pihak kementerian memastikan akan memfasilitasi untuk pembangunan pangkalan gas khusus nelayan di daerah ini. Kapan pastinya, kita tunggu saja informasi selanjutnya," jelasnya.

Sementara itu, lanjut Santono, untuk pembangunan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) pihak Kementerian ESDM belum bisa mengakomodir. Sebab, untuk pembangunan sarana dan perlengkapan SPBN merupakan kewenangan pihak PT. Pertamina. (one)

Sumber: kepala dinas perikanan bengkulu selatan