Pantau Puskemas, Sekda Bengkulu Selatan Temukan Ini

Pantau Puskemas, Sekda Bengkulu Selatan Temukan Ini

Sekda Bengkulu Selatan, Sukarni-Wawan Suryadi-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Untuk memastikan pelayanan di setiap Pukesmas yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) berjalan baik, Sekretaris Daerah (Sekda) BS, Sukarni terus melakukan monitoring ke setiap Puskesmas di BS.

Dalam monitoring tersebut, Sekda menemukan ada Puskesmas yang diketahui tidak memiliki dokter gigi.

Padahal, setiap Puskesmas memiliki dokter gigi atau minimal perawat giri. Sebab, tak sedikit masyarakat BS datang dengan keluhan kesehatan gigi.

BACA JUGA:Puskesmas Terancam Tak Bisa Layani Pasien BPJS

Maka dari itu penting di setiap Puskesmas memiliki dokter gigi. Selain dokter gigi, Sumber Daya Manusia (SDM) tenaga kesehatan juga masih sangat kurang.

Seperti di Puskemas Sulau hanya ada belasan pegawai. Sementara di Kota Manna, ada Puskesmas yang memiliki pegawai hingga 70 orang.

"Kondisi ini tidaklah berimbang meskipun berdasarkan jumlah penduduk di lokasi Puskemas. Seharusnya setiap Puskesmas itu lengkap dokter prakteknya," sebut Sekda.

BACA JUGA:Sekda Sesalkan Halaman Puskesmas Kotor

Dari monitoring, Sekda juga mendapati beberapa sarana dan prasarana Puskemas dalam kondisi rusak karena dimakan usia.

Ada pula akibat dari kurang perawatan. Bahkan di Puskemas Anggut, hampir seluruh sarana dan prasarana sudah hampir rusak semua dan tidak bisa difungsikan dengan baik.

“Ada banyak temuan yang memang harus diperbaiki. Kalau pegawai kinerjanya sudah cukup baik hanya saja perlengkapan Puskemas perlu ditambah, yang rusak mesti diperbaiki," harap Sekda. (one)

Sumber: