PAUD Diminta Terapkan RPP

PAUD Diminta Terapkan RPP

MERIAH: Peserta didik TK menampilkan beragam aksi pada karnaval HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Jumat (26/8) pagi-rezan okto wesa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Guna meningkatkan layanan dan kualitas lulusan, para tenaga pendidik PAUD diminta melaksanakan proses pendidikan, sesuai modul rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) seperti di satuan pendidikan SD dan SMP.

Tujuannya agar KBM yang digelar betul-betul terarah dan sesuai standar pendidikan masa kini.

Kabid Diklus Disdikbud Bengkulu Selatan (BS), Sarjono, S.Pd mengaku mayoritas tenaga pendidik PAUD selama ini masih menerapkan pola mengajar dengan sistem kelompok bermain anak dan belum berinovasi.

BACA JUGA:Sampaikan Usulan PPPK untuk Guru PAUD dan TK

“RPP itu agar materi yang diberikan kepada anak betul-betul terarah. Seperti untuk melakukan suatu pekerjaan, kita butuh namanya tutorial ataupun contoh,” ujarnya.

Namun RPP yang dimaksud tidak harus sama persis dengan RPP SD maupun SMP.

PAUD harus lebih banyak kepada pengembangan disiplin dan penumbuhan karakter positif anak.

Hal ini agar kegiatan pendidikan lebih menarik dan menyenangkan.

BACA JUGA:14 Kecamatan di Seluma Dapat Bantuan Buku dari Bunda PAUD

“Sebab, kalau harus dibebani dengan capaian akademik peserta didik belum akan siap seperti itu. Maka setelah lulus PAUD nanti harapan kami, peserta didik itu harus memahami arti disiplin dan moral. Salah satunya pembelajaran Al-Qur’an,” beber Sarjono.

Sebagai langkah pembahasan RPP kedepannya. Sarjono menyarankan agar tenaga pendidik PAUD dapat menggelar kerjasama antar wilayah.

Sehingga tujuan pokok yang direalisasikan  tidak senjang.

BACA JUGA:23 PAUD di Bengkulu Selatan Belum Terakreditasi

“Harapan kami dengan semakin sistematisnya pola pendidikan di lingkup PAUD. Setelah masuk SD nanti, anak dengan mudah beradaptasi. Karena secara mental dan moral anak tersebut sudah dibekali,” tutupnya. (rzn)

Sumber: