3 Desa di Bengkulu Selatan Bersaing

3 Desa di Bengkulu Selatan Bersaing

TINJAU: Kepala Dinas Parawisata Bengkulu Selatan pantau objek wisata Lubuk Langkap belum lama ini-Wawan Suryadi-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Dinas Pariwisata Bengkulu Selatan akan mengutus 3 desa untuk bersaing mengikuti kegiatan lomba desa tingkat provinsi tahun 2022.

Penilaian lomba Desa Wisata diagendakan pada 3-25 Oktober 2022. Desa yang diutus yakni Desa Air Tenam yang terkenal dengan wisata arung jeram. Lalu Desa Sukamaju yang dikenal dengan wisata Lubuk Langkap serta Desa Terulung yang memiliki objek wisata Coconut Beach.

Kepala Dispar BS Rendra Febrianto, SS, M.Si mengatakan tiga desa sudah didaftarkan sebagai peserta lomba Desa Wisata 2022. Pendaftaran dibuka pada 3-17 Oktober 2022, sedangkan seleksi administrasi pada 18-22 Oktober.

BACA JUGA:Lomba Desa Wisata Kembali Digelar, Ini Poin yang Harus Dipenuhi

Dalam proses pendaftaran, desa wisata diwajibkan melengkapi persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan. Salah satunya desa bersangkutan sudah ditetapkan sebagai desa wisata oleh kepala daerah melalui SK Bupati.

Memiliki rekomendasi dari Dispar setempat, memiliki struktur pengelolaan, hingga memperlihatkan bukti wisata dalam bentuk foto atau video serta didukung infrastruktur yang lengkap.

"Persyaratan yang jadi pertimbangan tiga desa tersesbut dapat mengikuti lomba desa wisata. Karena syarat yang ada sudah terpenuhi," ujar Rendra.

Untuk peserta yang lolos 10 besar diumumkan pada 25 Oktober 2022. Desa yang lolos administrasi nanti akan mempresentasikan desa wisata yang dimiliki. "Sangat diharapkan sekali dari tiga desa yang diikutsertakan dapat berhasil menjadi pemenang," pungkas Rendra. (one)

Sumber: kepala dispar bs rendra febrianto