Masyarakat Kaur Diingatkan Waspada Tanah Longsor

Masyarakat Kaur Diingatkan Waspada Tanah Longsor

Evakuasi mobil avanza yang terjebak longsor di Kabupaten Kaur-julianto-raselnews.com

KAUR, RASELNEWS.COM - Jalur lalu lintas dari Kelurahan Tanjung Iman menuju Kecamatan Luas dan Kecamatan Muara Sahung Kabupaten Kaur kembali normal. Material longsor yang terjadi Jum’at dan Sabtu tanggal 7 dan 8 Oktober tahun 2022 sudah dibersihkan.

Namun masyarakat yang ingin melintas di kawasan itu diimbau agar selalu waspada. Karena struktur tanah di tebing sisi jalan masih labil. Sehingga bisa saja kembali terjadi longsor.

“Kondisi tanah masih labil sempat terjadi pergerakan pada Sabtu sehingga membuat jalan tertutup kembali, kami kuatir ini akan kembali terulang, sehingga kami imbau untuk tetap waspada saat melintas,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kaur, Jon Harimol M. Si, Minggu 9 Oktober 2022.

Dikatakan Jon Harimol, jalur lintas Kelurahan Tanjung Iman yang menghubungkan Kecamatan Luas merupakan salah satu titik longsor terparah dikarenakan hujan deras yang terjadi Jum’at 7 Oktober.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Mobil Avanza Terjebak Longsor Tertimpa Pohon Hingga Remuk

Dimana akibat longsor itu akses jalan tersebut sempat tidak bisa dilalui kendaraan baik R2 maupun R4 hingga menyebabkan beberapa jam lalin tersebut lumpuh total.

Akses jalan tersebut bisa dilalui setelah alat berat Dinas PU PR dikerahkan untuk membersihkan material longsor tersebut. “Untuk akses jalan yang sempat longsor itu kini sudah normal. Dengan kondisi cuaca seperti sekarang ini pengendara agar lebih waspada terutama lokasi yang rawan terjadi longsor,“ himbaunya.

Sementara itu, Kapolres Kaur AKBP Dwi Agung Setyono, S.IK, MH melalui Kapolsek Kaur Tengah IPTU Kosseri, SH membenarkan jika akses jalan lintas Provinsi Bengkulu di Kelurahan Tanjung Iman yang sempat longsor kini sudah normal kembali. Meskipun demikian pengendara yang melintas di himbau agar waspada, karena jalan tersebut licin dan sangat membahayakan pengendara.

“Jalan yang longsor sudah terbuka, kendaraan sudah dapat melintas. Namun kami himbau agar pengendara berhati-hati karena jalan masih licin dan terjadi geseran tanah dari atas yang mana terdapat kebun kelapa sawit diatasnya,”himbau Kapolsek.(jul)


Sumber: kepala badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) kabupaten kaur