Penghujung Tahun Anggaran Target PAD Seluma Belum Tercapai

Penghujung Tahun Anggaran Target PAD Seluma Belum Tercapai

Ilustrasi Tambang Galian C-DOK-raselnews.com

SELUMA, RASELNEWS.COM - Menjelang akhir tahun anggaran capaian target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor pajak pertambangan bahan galian golongan C belum tercapai. Realisasi Baru Rp532 juta, masih jauh dari target Rp1.4 miliar.

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) SELUMA masih terus memaksimalkan pendapatan asli daerah (PAD) dari pajak galian C atau Mineral Bukan Logam dan Batuan (MBLB).

Plt Kepala Bapenda SELUMA Yuyun Afrianto mengaku tetap optimis target PAD dari sektor galian C ini akan tercapai dengan baik. "Kami tetap optimis, target PAD bisa tercapai menjelang akhir tahun nanti," tegas Yuyun.

Bapenda mencatat sejak September 2022, hanya 15 perusahaan tambang bahan galian C yang memiliki kewajiban membayar pajak. Yuyun menduga ada puluhan tambang bahan galian C yang beroperasi tanpa izin dan tidak terdaftar sebagai wajib pajak.

Hal itu berdasarkan hasil rapat bersama Direktorat Supervisi dan Pencegahan Wilayah I KPK RI, Pemrov Bengkulu dan kabupaten/kota se Provinsi Bengkulu beberapa waktu lalu.

"Yang menjadi sorotan adalah perizinan MBLB yang digunakan masyarakat. Bapenda diminta untuk menyosialisasikan masalah perizinan ini," sambung Yuyun.

Ia mengaku penertiban tidak bisa dilakukan oleh satu instansi. DPMPPTSP, Satpol PP, DLH dan instansi lain yang terkait, diharapkan dapat bekerja sama melakukan penertiban.

"Untuk perusahaan yang legal, semua harus bayar pajak. Jika tidak bayar pajak, Bapenda akan merekomendasikan pencabutan izin," pungkas Yuyun. (rwf)

Sumber: bapenda seluma