DAK Pertanian Bengkulu Selatan Capai Rp6.2 M

DAK Pertanian Bengkulu Selatan Capai Rp6.2 M

Ilustrasi DAK-dok-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM – Upaya Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Selatan untuk memajukan sektor pertanian terus dilakukan dengan cara meningkatkan dan mencari tambahan kucuran anggaran dari pemerintah pusat, tidak terkecuali melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) penugasan.

Bahkan, untuk tahun 2023 mendatang, besaran alokasi DAK penugasan khusus bidang pertanian yang akan dikelola OPD teknis Dinas Pertanian (Distan) BS mencapai Rp 6,2 miliar.

Alokasi DAK tersebut untuk memajukan sektor pertanian di BS. Kucuran DAK ini berkat hasil kerjasama DPRD BS dengan Pemkab BS yang aktif berkoordinasi ke Kementerian Pertanian.

BACA JUGA: Gusnan Dukung Pelaksanaan Sensus Pertanian

Sehingga beberapa rencana pembangunan infrastruktur di BS dapat diakomodir tahun depan. Bahkan juga ada dukungan dari DPR RI, terutama terkait pembangunan sumber air dan rehabilitasi irigasi pertanian, dan juga pembangunan jalan pertanian.

“Kucuran anggaran DAK penugasan bidang pertanian ini berkat koordinasi yang intens dilakukan dewan dan pemerintah daerah ke kementerian, tentunya dengan dapat kucuran anggaran ini kedepan bidang pertanian di BS akan semakin maju dan berkembang,” ujar Kepala Bappada-Litbang BS, Fikri Aljauhari MM.

Dikatakan Fikri, bahkan upaya untuk terus mendukung kegiatan memajukan sektor pertanian di BS, pembangunan jalan usaha tani (JUT) disektor pertanian ada 14 titik tersebar di sebelas kecamatan di BS, serta pembangunan rehabilitasi pertanian ada enam titik di tiga wilayah kecamatan.

BACA JUGA:Bank Indonesia Siap Dukung Program Pertanian Bengkulu Selatan

Bukan hanya itu saja, upaya mendapatkan kucuran DAK fisik bidang lainnya juga tetap diupayakan, baik itu bidang kesehatan, pendidikan, dan pembangunan infrastuktur jalan melalui Kementerian PUPR.

“Mudah-mudahan tahun 2023 nanti kegiatan pembangunan fisik akan dilaksanakan dan berjalan dengan lancar,” pungkasnya.(one)

Sumber: