PMK Menyebar ke 24 Desa di Seluma

PMK Menyebar ke 24 Desa di Seluma

Pemeriksaan sapi yang terkena PMK--

SELUMA, RASELNEWS.COM - Dinas Pertanian Kabupaten Seluma kian mendapat tugas berat dalam penanganan kasus penyakit mulut dan kuku (PMK).

Pasalnya, kasus PMK di Seluma sudah merebak di 24 desa dengan jumlah 1.002 kasus.

Kepala Dinas Pertanian, Arian Sosial, melalui Kabid Peternakan, Hendri, mengatakan penanganan kasus PMK ini terus dilakukan dengan melakukan penyembuhan dengan memberikan obat-obatan, dan memutus mata rantai dengan memberikan vaksin PMK kepada ternak sapi.

BACA JUGA:Tiga Kabupaten Nol Kasus PMK

"Sampai saat ini jumlah sapi yang terserang virus PMK sudah mencapai 1.002 ekor dengan sebaran di di 24. Namun kami tetap berusaha maksimal memberikan pengobatan serta pencegahan agar tidak meluas," ujar Hendri, Selasa (11/10/2022).

Dari jumlah ternak sapi yang terserang virus PMK tersebut saat ini yang masih sakit sebanyak 833 ekor.

Sedangkan yang sudah sembuh ada 782 ekor. Sehingga masih ada sapi yang sakit dan masih dalam penanganan oleh petugas dari dokter hewan dan tim dari Dinas Pertanian.

BACA JUGA:PMK Terus Merebak, 213 Ekor Hewan Ternak Terjangkit, Distan Pertimbangkan Usul Asuransi

"Untuk yang masih sakit, saat ini diberikan obat secara rutin. Kemudian kami juga sudah meminta tambahan vaksin ke Dinas Pertanian Provinsi. Sehingga bisa disuntikan kepada ternak yang masih sehat untuk mencegah penularan," pungkas Hendri. (rwf)

Sumber: