Dewan Minta Anggaran Infrastruktur 2023 Dioptimalkan

Dewan Minta Anggaran Infrastruktur 2023 Dioptimalkan

Anggota DPRD Provinsi Sumardi-DOK-raselnews.com

BENGKULU, RASELNEWS.COM - DPRD Provinsi Bengkulu, meminta pemerintah Provinsi Bengkulu mengoptimalkan anggaran infrastruktur tahun depan. Meskipun dengan anggaran yang terbatas, perbaikan infrastruktur wajib diprioritaskan.

Anggota Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu, Sumardi MM mengatakan, Jalan-jalan yang rusak diprioritaskan karena infrastruktur tersebut menjadi kebutuhan pokok masyarakat setiap hari.

"Jadi agaimana caranya mengelola keuangan yang sangat terbatas itu, supaya menjadi program utama yang akan dibiayai," kata Sumardi, Jumat (14/10).

Dikatakan Sumardi, pihaknya menyetujui anggaran infrastruktur dapat meningkat dari tahun ini. Dalam dua tahun terakhir, anggaran infrastruktur mengalami penurunan karena anggaran dialihkan untuk penanganan pandemi Covid - 19.

BACA JUGA:Dewan Minta Pemprov Bengkulu Perketat Pengawasan Penyaluran BBM

Apalagi, tahun 2023 nanti Pemprov berencana mengusulkan anggaran sebesar Rp78 Miliar dalam APBD tahun 2023 untuk mendukung 18 program Gubernur dan Wakil Gubernur yang termuat dalam RPJMP.  Nantinya program lainnya bisa dilaksanakan secara serentak.

"Peningkatan pasti ada karena kita lihat untuk 18 program prioritas yang termuat dalam RPJMD itu dianggarkan sebesar Rp78 miliar. Sehingga yang lain-lain itu bisa dilaksakana secara serentak," kata Sumardi.

Sebelumnya Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan, dalam RPABD tahun 2023 Pemprov memfokuskan lima program. Yakni percepatan pengentasan kemiskinan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang berdaya saing. Pengembangan infrastruktur, penguatan ketahanan dan transformasi ekonomi, inovasi dan tata kelola pemerintahan dan pengembangan pariwisata. (cia)

Sumber: sumardi