Wujudkan Desa Sebilo Menjadi Desa Wisata

Wujudkan Desa Sebilo Menjadi Desa Wisata

SIAPKAN : Pemerintah Desa Sebilo bersama Pokdarwis dan warga gotong royong membangun desa wisata-Wawan Suryadi-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Pemerintah Desa (Pemdes) Sebilo Kecamatan Pino, membangun desa wisata. Banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan. Selama ini potensi itu belum terekspose dengan baik sehingga belum diketahui masyarakat luas.

Mulai dari peninggalan sejarah nenek moyang terdahulu, maupun potensi alam yang dapat dengan mudah dijangkau. Dengan harapan nantinya, setelah dibentuk menjadi desa wisata akan sering dikunjungi wisatawan lokal maupun luar daerah.

Kepala Desa Sebilo, Enudi Johyan mengatakan dengan terwujudnya desa wisata nantinya akan berdampak besar bagia masyarakat desa terutama dampak ekonomi dan sosial budaya masyarakat termasuk pendapatan bagi desa.

Potensi yang ada seperti peninggalan megalitik berupa batu betiang dan batu lumping ayam atau batu tempat pemandian ayam pada zaman nenak moyang terdahulu yang sudah menjadi cagar budaya dan dilindungi oleh pihak Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi, Direktorat Jenderal Kebudayaan Republik Indonesia.

BACA JUGA:Kembangkan Desa Wisata

Selain itu, muara sungai air Sebilo yang cukup panjang bisa dibuat wisata air, serta sungai Air Manna yang juga bisa dimanfaatkan untuk wisata arung jeram dengan rute pendek kurang lebih tiga kilometer. Bahkan, ada juga potensi air terjun Cughup Batu Buih yang aksesnya juga bisa dijangkau dengan mudah, serta lahan persawahan yang cukup luas. Potensi wisata ini nantinya akan dilakukan secara terpadu dan terintegrasi.

“Kami Pemdes bersama Pokdarwis yang sudah dibentuk dan BUMDes, mulai menyiapkan fasilitas untuk pengembangan desa wisata, mudah-mudahan wisata ini nantinya bisa terwujud,” terang Kades Sebilo, Enudi Johyan.

Dikatakan Kades, dengan terciptanya desa wisata diharapkan nantinya berdampak positif bagi masyarakat desa Sebilo dan sekitarnya, seperti ada peningkatan ekonomi dengan tumbuh kembangnya tempat berjualan makanan tradisional dan makanan khas daerah yang nantinya akan dinikmati pengunjung dan juga menjadi daya tarik.

Selain itu, Pemdes juga berencana akan membangun rumah adat, agar nantinya wisatawan bisa melihat apa saja yang menjadi peninggalan bersejarah di desa setempat.

“Semoga dengan terciptanya desa wisata ini nanti bisa menjadikan desa Sebilo lebih maju dan dikenal luas, untuk itu kami butuh dukungan semua pihak mewujudkan rencana tersebut, karena ini untuk kepentingan bersama,” pungkas Kades. (one)

Sumber: kades sebilo