Abrasi Ancam Pemukiman Warga di Bengkulu

Abrasi Ancam Pemukiman Warga di Bengkulu

Abrasi Ancam Pemukiman Warga-Wawan Suryadi-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Abrasi sungai di beberapa wilayah di Kabupaten Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu kian mengkhawatirkan. Pasalnya, akibat abrasi tersebut, saat ini pemukiman warga terancam tergerus.

Agar abrasi tidak semakin meluas, Pemkab Bengkulu Selatan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) BS mengusulkan pemasangan bronjong penahan abrasi. Setidaknya, ada tujuh  lokasi yang diusulkan untuk dibangun bronjong dan telah disurvei tim BPBD Bengkulu Selatan.

Kepala BPBD Bengkulu Selatan, Ir. Trisman, M.Si membenarkan, tujuh lokasi yang diusulkan untuk dibangun bronjong itu berada di tiga kecamatan. Yakni Kecamatan Pino Raya di Desa Pagar Gading dan Desa Kembang Seri. Kecamatan Air Nipis di Desa Sukarami, Suka Bandung, Suka Maju dan Desa Suka Negeri. Terakhir Kecamatan Kedurang di Desa Palak Siring.

BACA JUGA:Abrasi Ancam Rumah Warga di Desa Suka Bandung

"Usulan pembangunan atau pemasangan bronjong di tujuh titik tersebut sudah disampaikan ke pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera VII Bengkulu. Bahkan, pihak balai juga sudah  survei ke lokasi," kata Trisman.

Sementara itu, Kades Suka Bandung Kecamatan Air Nipis, Asiun menyebutkan, abrasi di desanya ini sudah lama terjadi. Abrasi disebabkan tergerus arus sungai Air Nipis. Akibatnya saat ini alur sungai sudah berada di dekat rumah warga.

"Panjang pinggir sungai yang butuh beronjong itu sekitar 250 meter," tutup Asiun. (one)

Sumber: bpbs bengkulu selatan