67 Sekolah di Seluma ANBK Mandiri, 128 Menumpang

67 Sekolah di Seluma ANBK Mandiri, 128 Menumpang

Ilustrasi murid SD sedang mengikuti ujian-dok-raselnews.com

SELUMA, RASELNEWS.COM - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Seluma menggelar Assesment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang diikuti seluruh SD di Seluma.

Sebanyak 67 sekolah di Seluma melaksanakan ANBK mandiri. Sedangkan sisanya, 128 sekolah masih menumpang alias nginduk ke sekolah yang memiliki jaringan internet yang lebih bagus.

"Data tersebut berdasarkan sekolah yang mendaftar di web ANBK Kemendikbud dan memang ada yang belum bisa melaksanakan sendiri karena terkendala masalah jaringan. Sehingga  harus menginduk," tegas Kasi Kurikulum SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Seluma Sigit Budiyanto.

Menurutnya untuk Sekolah Dasar di Seluma yang belum memiliki jaringan internet terpaksa menginduk atau menumpang ke SMP atau SMA yang ada di Kabupaten Seluma yang sudah memiliki jaringan internet. Sehingga bisa melakukan ANBK.

BACA JUGA:Hasil ANBK Diumumkan Oktober

Saat ini sejumlah SD di Seluma memang sudah mendapatkan bantuan laptop serta perangkat lain. Namun belum seluruhnya, sehingga sebagian sekolah terpaksa harus menginduk ke sekolah yang sudah memiliki jaringan dan perangkat.

"Untuk kendala pelaksanaan yang mandiri saat ini hanya listrik yang sering  mati dan sampai kemarin masih sering padam. Sehingga ini menjadi kendala," tegasnya kepada wartawan.

Kemudian untuk saat ini masih ada sekolah lagi di Kabupaten Seluma yang saat ini belum melaksanakan ANBK secara mandiri. Diharapkan 128 Seluma ini dapat mencontoh sekolah lain. Dalam rangka pelaksanaan ANBK secara mandiri di Kabupaten Seluma.  

"Sesuai dengan hasil rakor pendampingan persiapan pelaksanaan ANBK. Kami  melakukan tindak lanjut apa saja yang menjadi kendala saat pelaksanaan ANBK di lapangan," pungkasnya. (rwf)

Sumber: kasi kurikulum sd dinas pendidikan dan kebudayaan seluma