Habitat Bunga Raflesia Terancam, Dewan Harus Dilindungi

Habitat Bunga Raflesia Terancam, Dewan Harus Dilindungi

MEKAR : Bunga Rafflesia tumbuh dan mekar di hutan taman Bunga Rafflesia di Kedurang, Kabupaten Bengkulu Selatan beberapa waktu lalu-istimewa-raselnews.com

BNENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Hutan habitat bunga refflesia di Kabupaten Bengkulu Selatan terancam rusak akibat perambahan.

Beberapa kawasan hutan yang selama ini sering dijumpai bunga raflesia mekar sudah banyak yang diolah masyarakat menjadi lahan perkebunan.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Bengkulu Selatan, Sumitro, SH meminta semua pihak berperan melindungi habitat bunga raflesia.

Jangan sampai populasi bunga khas Provinsi Bengkulu itu terancam punah akibat perambahan hutan yang dilakukan manusia.

“Habitat bunga raflesia harus dilindungi, jangan sampai bunga itu punah akibat habitatnya dirusak. Sebab bunga raflesia ini merupakan tanaman khas Bengkulu yang sudah dilindungi Undang-Undang,” kata Sumitro.

BACA JUGA:Perambahan Hutan Ancam Taman Bunga Rafflesia di Bengkulu Selatan

Politisi Nasdem ini meminta Pemda melakukan tindakan cepat melindungi bunga raflesia. Jangan sampai hutan yang merupakan habitat bunga raflesia dibiarkan dirusak oleh pelaku perambahan hutan hingga mengakibatkan bunga raflesia di Bengkulu Selatan punah.

“Pemda harus bergerak cepat melakukan tindakan untuk mencegah perusakan habitat bunga raflesia. Jangan menunggu hutan sudah rusak dan bunga raflesia sudah punah baru melakukan tindakan,” saran Sumitro.

Salah satu lokasi habitat bunga raflesia yang terancam berada di hutan kawasan Desa Batu Ampar Kecamatan Kedurang.

Hutan yang menjadi taman bunga raflesia mulai digarap masyarakat untuk dijadikan kebun. Akibatnya banyak inang bunga raflesia mati. Padahal taman bunga raflesia itu menjadi salah satu tempat wisata di Bengkulu Selatan.

“Melindungi habitat bunga raflesia sangat penting. Karena akan memberi dampak positif untuk daerah, salah satunya kalau bunga raflesia terus tumbuh, maka bisa menjadi daya tarik wisata untuk mendatangkan wisatawan,” tukas Sumitro. (yoh)

Sumber: anggota dprd bengkulu selatan