Camat Pino Raya Minta Pemdes Gesit Perbarui Data Warga

Camat Pino Raya Minta Pemdes Gesit Perbarui Data Warga

Camat Pino Raya, Sulaiman Effendi-dok-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Camat Pino Raya Sulaiman Efindi meminta seluruh Pemerintah Desa (Pemdes) di bawah naungannya gesit memperbarui data kependudukan.

Hal ini untuk ketertiban administrasi kependudukan (adminduk) warga karena berkaitan langsung dengan kepentingan warga nantinya.

Mulai dari kebutuhan pendidikan, bantuan sosial, pernikahan dan urusan kependudukan lainnya.

BACA JUGA:Bupati Kaur : Tindak Tegas Pelaku Pungli Adminduk

“Masih banyak data penduduk yang belum sinkron dan diperbarui. Maka itu, Pemdes harus gesit dan jemput bola memperbarui data tersebut. Jangan biarkan data penduduk tidak terupdate dan malah menghambat urusan adminduk kedepannya,” ujarnya.

Dijelaskan Sulaiman, basis data adminduk sekarang ini minimal diperbarui lima tahun sekali. Hal ini karena terjadi perubahan administrasi dalam struktur keluarga. Misal, anak tertua dalam keluarga yang sebelumnya masih duduk di SD, maka beberapa tahun kedepan sudah tamat SMP dan seterusnya.

BACA JUGA:Pino Raya Terpilih Pilot Project Tertib Adminduk

“Kalau status kependudukan termasuk status pendidikan tidak diperbarui, maka banyak sekali tercacat warga yang tidak tamat SD. Padahal sudah sarjana dan lainnya,” bebernya.

Disamping keaktifan Pemdes, Sulaiman juga meminta warga desa untuk aktif melapor ke desa jika telah terjadi perubahan data adminduk. Hal ini untuk kebaikan warga itu sendiri.

Jika warga hanya mengandalkan jemput bola perangkat desa, bisa jadi update data adminduk terlalu lama.

BACA JUGA:Kelompok Tani Pino Raya Dapat Bibit dan Alsintan

“Adanya kolaborasi antara warga dan pemdes itu yang sangat penting. Sehingga nanti BS terbebas dari ketertinggalan data,” pungkas Sulaiman. (debi/prw)

Sumber: camat pino raya