Sekda: Pasar Murah Harus Sentuh Warga Miskin

Sekda: Pasar Murah Harus Sentuh Warga Miskin

Sekda Bengkulu Selatan, Sukarni Dunip -wawan suryadi-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Sekda Bengkulu Selatan, Sukarni M.Si menegaskan, pelayanan pasar murah harus mampu menyentuh masyarakat miskin.

Sehingga upaya menekan laju inflasi pangan yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Selatan benar benar terwujud.

Dinas Ketahanan Pangan (DKP) sebagai OPD pelaksana operasi pasar atau pasar murah melalui inovasi eceran rasa grosir (Eragro) di seluruh kecamatan harus benar benar merencanakan dengan matang sebelum kegiatan dilaksanakan.

Apalagi, kegiatan pasar murah akan dilaksanakan setiap bulan sekali secara bergantian.

“Pasar murah ini sudah pernah dilakukan, pelaksana harus mampu memperbaiki kekurangan kekurangan sebelumnya,” kata sekda.

BACA JUGA:Sekda Ingatkan ASN Jangan Ikut Belanja di Pasar Murah

Seperti selama ini, lokasi yang di fokuskan hanya titik per kecamatan. Sehingga sulit terjangkau oleh warga yang jarak rumahnya cukup jauh.

Untuk itu, kedepannya harus lebih diperbanyak titik lokasi penjualan pada setiap kecamatannya. Selanjutnya, kegiatan ini harus mengutamakan masyarakat miskin yang benar-benar membutuhkan pasar murah tersebut.

"Pasar murah yang dilakukan ini harus menyentuh kepada warga miskin. Untuk itu, pihak kecamatan dan desa diminta mendata warganya yang betul-betul layak mendapatkan subsidi harga," pungkas Sekda.

Disampaikan Sukarni, mengingat program pasar murah ini sudah mulai dilaksanakan kembali, maka pihak panitia supaya berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait agar lebih tepat sasaran.

“Pihak DKP harus lebih proaktif menentukan sasaran, karena program ini diharapkan bisa membantu warga miskin yang terdampak atas naiknya harga-harga pangan,” pungkasnya. (one)

Sumber: sekda bengkulu selatan