Hanya Satu Dokter Hewan di Seluma, Itupun Penugasan Kementan

Hanya Satu Dokter Hewan di Seluma, Itupun Penugasan Kementan

Ilustrasi dokter hewan-istimewa-raselnews.com

SELUMA, RASELNEWS.COM - Dinas Pertanian Seluma mengalami kekurangan dokter hewan yang menyebabkan pelayanan kesehatan hewan ternak kurang maksimal.

Hal itu berdasarkan analisis jabatan (Anjab) dan analisis beban kerja (ABK) yang dilakukan Dinas Pertanian Seluma di tahun ini.

BACA JUGA:Dua Hari Bengkulu Diguyur Hujan, Sekolah dan Pemukiman Terendam

Seluma hanya memiliki satu dokter hewan untuk melayani berbagai keluhan peternak yang ada. Hal itu membuat Dinas Pertanian Seluma mengusulkan perekrutan dokter hewan ke Kementerian Pertanian.

"Untuk saat ini jelas sangat kekurangan tenaga dokter hewan. Karena jumlah dokter hewan saat ini baru satu orang. Itupun penugasan dari kementerian. Kami sudah mengusulkan tambahan agar di Seluma ditugaskan kembali dokter hewan," tegas  Kepala Dinas Pertanian Seluma, Arian Sosial kepada Raselnews.com.

BACA JUGA:Ibu di Kaur Melahirkan di Jalan, 2 Jam Kemudian Bayi Meninggal Dunia

Arian mengatakan satu orang dokter hewan tersebut dibantu delapan tenaga pendamping yang sudah terlatih. Khususnya untuk pelaksanaan vaksinasi PMK serta pemeriksaan kesehatan hewan ternak.

"Namun dengan hanya satu dokter hewan, meski dibantu tenaga pendamping tetap saja kesulitan melayani para peternak. Kami berharap tahun 2023 bakal ditambah penugasan dokter hewan dari Kementerian Pertanian ke Seluma,” demikian Arian. (rwf)

Sumber: