Target 1000 UMKM Terbentuk di Bengkulu Selatan

Target 1000 UMKM Terbentuk di Bengkulu Selatan

Kabid Koperasi dan UMKM Disperindagkop Bengkulu Selatan menunjukkan contoh barang industri lokal yang bisa bersaing di pasar global-rezan okto wesa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro (Perindagkop-UM) Bengkulu Selatan berupaya meningkatkan jumlah pelaku usaha di Bengkulu Selatan untuk membangun pertumbuhan perekonomian daerah, serta kemajuan sektor perdagangan industri lokal.

Pada 2023 mendatang, Dinas Perindagkop-UM Bengkulu Selatan menargetkan terbentuknya 1000 UMKM.

Semua pelaku usaha juga diminta memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB). Sehingga lebih mudah menjangkau pasar nasional hingga internasional berbasis online.

BACA JUGA:Tak Mau Dipecat PNS, Dua Tersangka Korupsi Dana Kesra Jilid 2 Pilih Pensiun Dini

Kabid Koperasi dan UMKM Dinas Perindagkop-UM Bengkulu Selatan, Devi Kartika SE mengaku di Bengkulu Selatan sudah terbentuk 700 pelaku usaha.

Rinciannya 500 pelaku usaha mikro (UM) dan 200 usaha warung.

Namun dari ratusan pelaku usaha, baru 100 unit usaha yang memiliki NIB. Sementara sisanya masih dalam proses pengajuan.

“Pertumbuhan UMKM ini menjadi wadah utama kemajuan ekonomi daerah. Semakin berkembang usaha mikro dan menengah, maka perputaran uang di daerah semakin tinggi,” ucapnya.

BACA JUGA:Camat dan Kades di Bengkulu Selatan Diwarning Jangan Pungli

Penambahan jumlah UMKM juga membuka peluang pengusaha BS untuk dapat tampil di pasaran global.

Seperti penjualan melalui market place, dan aplikasi belanja online lainnya.

Terlebih pola pembelian masyarakat akhir-akhir ini sudah mengarah pada sistem digital atau digital payment.

“Contoh produk lokal seperti kopi tumbung lesung, bajik pinau, gula semut seginim, lemang tapai dan produksi lain, seharusnya bisa tembus pasaran nasional berbasis online. Karena selama ini penjualannya hanya skala lokal. Kalau ini berkembang sudah pasti mendongkrak ekonomi warga,” beber Devi.

BACA JUGA:Resmi dari KPU!!! Rekrutmen PPK Pemilu 2024 Dimulai 20 November 2022, PPS 18 Desember 2022

Masyarakat yang menjalankan usahanya diharapkan segera menghubungi Disperindagkop-UM Bengkulu Selatan.

Selain akan mendapatkan bimbingan dalam hal pengembangan usaha, masyarakat juga akan dibantu melengkapi berkas administrasi sehingga usahanya layak bersaing di kancah nasional.

“Sekarang ini media untuk promosi sudah banyak, tinggal lagi teknik penjualan dan peluang masuk ke pasaran global itu yang penting. Jika pelaku usaha enggan mengadopsi metode terbaru, maka usaha hanya sebatas itu-itu saja,” sambungnya.

BACA JUGA:Cara Daftar PPK dan PPS Pemilu 2024 Melalui SIAKBA KPU, Lengkap!!!

Tak hanya itu, para pelaku usaha yang terdaftar juga berpeluang penuh mendapatkan bantuan modal ataupun bantuan lainnya dari pusat.

Karena, Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI terus mengupayakan pemulihan pelaku usaha nasional pasca pandemi covid-19.

“Mudah-mudahan saja target penambahan UMKM ini terwujud. Kami minta kerjasama dan dukungan dari semua pihak,” demikian Devi. (rzn)


Sumber: