Tanam Jagung, Pemda Kaur: Mari Jaga Ketahanan Pangan

Tanam Jagung, Pemda Kaur: Mari Jaga Ketahanan Pangan

TANAM JAGUNG : Acara penanaman jagung perdana di Kabupaten Kaur-julianto-raselnews.com

KAUR, RASELNEWS.COM - Pemkab Kaur resmi menanam jagung perdana di lahan hamparan Desa Cucupan Kecamatan Tetap Kabupaten Kaur.

Penanaman jagung di lahan Pemkab Kaur yang dipinjam pakaikan dengan kelompok tani (Koptan) itu merupakan kerjasama dengan pihak TNI AD.

Tujuannya untuk menjaga kesinambungan dalam ketahanan pangan nasional, termasuk juga untuk Kabupaten Kaur.

Penanaman jagung sendiri digelar setelah melakukan zoom meeting vicon bersama Danrem 042/Gamas Bengkulu dan juga Wamentan RI yang berkaitan dengan ketahanan pangan. Penanaman jagung juga dilakukan disejumlah titik lain di Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Harga Jagung Pipil Kering di Kaur Anjlok

Bupati Kaur, H Lismidianto, SH, MH diwakili Asisten II Bidang Ekonomi Arsal Adelin, M.Pd berharap penaman jagung pipil ini dapat mendongkrak penghasilan petani dimasa mendatang ditengah kenaikan BBM. Sehingga penghasilan petani terus meningkat.

"Harapan ini ini juga diinplementasikan oleh sejumlah kelompok lain," ujar Arsal.

Dia menjelaskan dengan adanya program ini, tak menutup kemungkinan tahun 2023 mendatang akan ada lagi bantuan bibit dari pemerintah termasuk juga bantuan bibit jagung dan lainnya. Ia meminta masyarakat untuk dapat memanfaatkan lahan kosong untuk menjadi penghasilan tambahan.

Terlebih tanaman jagung merupakan tanaman yang mudah merawatnya sehingga dapat dijadikan penghasilan selain berkebun lain.

"Harapan saya masyarakat dapat mengikuti program yang sudah digalakan oleh pemerintah, sehingga bila ada kucuran bantuan dari Kementan dapat pula dengan mudah menyalurkan kepada petani nantinya," imbuhnya.

BACA JUGA:Danrem Bengkulu Gelar Baksos, Tinjau Irigasi Dan Lahan Jagung

Sementara itu Koramil 408-03/Kaur Tengah, bersama Polsek Kaur Tengah Polres Kaur serta unsur Pemerintah Kecamatan Semidang Gumay dan Dispertan menunjuk Desa Cahaya Batin Kecamatan Semidang Gumay sebagai lokasi kebun percontohan penanaman benih jagung, di lahan seluas ± 2 hektare yang telah disiapkan sebelumnya.

Dandim 0408/Bengkulu Selatan Kaur (BSK) Letkol Inf Aswin Suladi melalui Danramil 408-03/Kaur Tengah, Lettu Inf Agus Gunadi mengatakan, dengan tujuan menggapai kedaulatan pangan nasional, setiap Komando Rayon Militer (Koramil), dalam jajaran Korem 041/Gamas menunjuk satu desa sebagai percontohan.

"Untuk wilayah tugas kami. Desa yang ditunjuk yakni Cahaya Bathin, Semidang Gumay. Tentunya harapan kami agar dapat menjadi contoh bagi desa lain. Dalam usaha mewujudkan kedaulatan pangan," ungkap Danramil.

BACA JUGA:Waka II MPR : Bengkulu Selatan Berpotensi Menjadi Lumbung Jagung Nasional

Dikatakan Agus Gunadi, budidaya tanaman jagung di Desa Cahaya Bathin, menggunakan benih varietas Bisi 2 unggul. Koptan Cahaya Maju Desa Cahaya Bathin, ditunjuk sebagai pengelola budidaya palawija tersebut.

"Harapan kami masyarakat Kaur, khususnya di wilayah tugas kami. Dapat memanfaatkan lahan tidur untuk budidaya tanaman pangan," imbuhnya.(jul)

Sumber: asisten ii bidang ekonomi setda kaur