Tim Damkar Bengkulu Selatan Evakuasi Tawon Pembunuh

 Tim Damkar Bengkulu Selatan Evakuasi Tawon Pembunuh

Tim Damkar Bengkulu Selatan mengevakuasi koloni tawon pembunuh di Kelurahan Pasar Baru, Rabu (23/11/2022) pagi-istimewa/rezan okto wesa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Tim Rescue Bidang Damkar Dinas Satpol PP dan Damkar Bengkulu Selatan (BS) kembali mengevakuasi koloni tawon pembunuh (Vesfa Affinis) yang bersarang di rumah warga, Rabu (23/11/2022) pagi.

Koloni tawon yang sudah berdiameter 30 sentimeter, melekat di atap rumah H. Firdaus (55) warga Jalan Gama 1 Kelurahan Pasar Baru Kecamatan Kota Manna.

BACA JUGA:Bengkulu Selatan Dapat 380 Formasi PPPK: Petugas Damkar Tersenyum

“Evakuasi ini berdasarkan permintaan langsung dari pemilik rumah. Warga baru mengetahui kalau ada koloni tawon vesfa lantaran banyak indukan tawon yang berkeliaran di sekitar perumahan penduduk. Agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, maka kami langsung bergerak mengevakuasi sarang tawon tersebut,” ujar Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar BS, Erwin Muchsin, S.Sos.

BACA JUGA:Cincin di Jari Tak Bisa Lepas, Warga Bengkulu Selatan Datangi Markas Damkar

Proses evakuasi dilakukan secara manual. Petugas khusus damkar dibantu dengan baju pelindung langsung menjangkau titik koloni menggunakan tangga.

Setelah posisi dirasa pas, petugas langsung memasukkan koloni tawon beserta indukan ke dalam karung.

BACA JUGA:Kaur Butuh Tambahan Tiga Mobil Damkar

“Sengaja tidak disemprot atau dibakar, karena letaknya dekat pemukiman penduduk. Selanjutnya koloni tawon yang berhasil dievakuasi lalu dipindahkan ke habitat aslinya,” tuntas Erwin. (rzn)

Sumber: