BLT Cair, Pengambilan Lewat Pos Boleh Diwakilkan

BLT Cair, Pengambilan Lewat Pos Boleh Diwakilkan

SALAURKAN: Petugas Kantor Pos Bintuhan menyalurkan bantuan kepada KPM -julianto-raselnews.com

KAUR, RASELNEWS.COM - Kamis, 24 November 2022 Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT-BBM), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan bantuan Program keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Kaur mulai disalurkan.

Penyaluran kepada keluarga pemerima manfaat (KPM) melalui kantor pos. Ada empat kantor pos di kaur yang menyalurkan. Jika penerima berhalangan hadir, pengambilan BLT-BBM ini bisa diwakilkan.

"Iya bisa diwakilkan dengan orang lain, namun syaratnya harus satu keluarga dan masuk dalam Kartu Keluarga (KK). Misalnya diwakilkan ke anak, istri atau suami, ibu, bapak namun mereka ada dalam KK," kata Kepala Kanotr Pos Bintuhan Joni H disela sela penyalurna bantuan (24/11).

BACA JUGA:Kades Diingatkan Jangan Main-main Dengan BLT-DD

Dia menjelaskan prosedur penyaluran BLT BMM yakni penerima wajib membawa KTP asli, potokopi KTP dan potokopi KK.

Setelah dokumen ini divalidasi atau dicocokkan dengan data penerima. Kemudian penerima diminta memperlihatkan surat panggilan yang berisi barcode untuk discane. Setelah proses tersebut selesai langsung bisa dicairkan.

BLT-BBM yang disalurkan sebesar Rp 150 ribu untuk jatah dua bulan atau totalnya Rp300ribu. Kemudian Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau bantuan sembako untuk jatah tiga bulan satu bulan Rp200 ribu yakni Oktober, November dan Desember dengan total R600 ribu dan terakhir penyaluran bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) untuk jatah tiga bulan yakni Oktober November dan Desember nominalnya bervariasi mulai dari paling sedikit Rp225 ribu hingga paling banyak Rp3,9 juta.

BACA JUGA:Setahun, BLT DD Dikucurkan Rp 40,8 M

Kantor Pos Bintuhan menyalurkan KPM dari Kecamatan Kaur Selatan dan Kecamatan Tetap dengan jumlah 1.109 KPM. Kantor Pos Nasal melayani KPM dari Kecamatan Maje dan Nasal dengan jumlah 2.297 KPM.

Kantor Pos Kaur Tengah melayani KPM dari Kecamatan Kinal, Muara Sahung, Luas, Kaur Tengah dan Semidang Gumay. Sedangkan Kantor Pos Kaur Utara melayani penerima dari Kecamatan Tanjung Kemuning, Kelam Tengah, Kaur Utara, Padang Guci Hulu, Padang Guci Ilir dan Lungkang Kule. (jul)

Sumber: kepala kantor pos bintuhan