Cek Rekening! TPG dan Tamsil Guru Cair

Cek Rekening! TPG dan Tamsil Guru Cair

BERKAS : Berkas penerima tamsil sudah siap dan tertata rapi di Dinas Dikbud Bengkulu Selatan.-Rezan Oktawesa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Tunjangan Profesi Guru (TPG) dan tunjangan Tambahan Penghasilan (Tamsil) triwulan III guru di Bengkulu Selatan (BS) akhirnya cair, Rabu (30/11/2022).

Penyaluran tunjangan yang sempat tertunda dapat disalurkan setelah Disdikbud BS melakukan upaya rekonsilidasi ke Kemendikbudristek RI mengenai data penerima dan validasi jam mengajar.

BACA JUGA:Oknum Kepsek di Bengkulu Dilaporkan Cabul, Modusnya Buang Jin

Kabid PTK Disdikbud BS Amir Syopian, M.Pd mengatakan keterlambatan pencairan TPG dan Tamsil triwulan III karena ada kesalahan teknis dari pusat.

Kesalahan itu membuat jutaan guru sertifikasi maupun non sertifikasi di Indonesia terlambat menikmati tunjangan.

“Tunjangannya sudah cair dan masuk ke rekening guru penerima. Silahkan guru cek rekening masing-masing dan jika ada kendala segera hubungi kami,” ujarnya.

BACA JUGA:Sukseskan Pemilu 2024, Badan Kesbangpol Ajak Semua Bersatu

Dijelaskan Amir, jumlah total penerima TPG mencapai 1100 guru sedangkan penerima tunjangan Tamsil mencapai 200 guru. Dana yang digelontorkan pusat untuk membayar tunjangan ribuan guru ini mencapai Rp 15 miliar.

“Meski terlambat, semua guru mendapatkan tunjangan secara full atau tanpa potongan apapun. Jika tidak ada kendala beberapa waktu lalu, awal Oktober memang dua tunjangan ini telah ditransfer,” bebernya.

BACA JUGA:Ketua DPRD Bengkulu Selatan Bawa Kabar Gembira untuk Tenaga Honorer, Simak Nih!!!

Sementara untuk pemberkasan awal persiapan pencairan TPG dan tamsil triwulan IV. Amir mengaku prosesnya akan dimulai beberapa minggu kedepan.

Jika tidak ada halangan, TPG dan tamsil triwulan IV bakal dicairkan sebelum akhir Desember nanti.

“Khusus TPG dan tamsil, memang satu tahun ada empat kali pencairan. Ini sesuai dengan ketetapan pusat yang memutuskan bahwa tunjangan sertifikasi dihitung setiap tiga bulan sekali,” jelasnya.

BACA JUGA:PLN Klaim 100 Persen Desa di Bengkulu Teraliri Listrik

Bisa Diganti

Di sisi lain, Amir menjelaskan bagi penerima Tamsil agar terus menjaga keterpenuhan jam mengajar selama 24 jam.

Pasalnya penerima Tamsil sewaktu-waktu bisa diganti apabila kewajiban mengajar tidak terpenuhi. Tak hanya itu, penerima Tamsil juga diganti jika kerap tidak masuk mengerjakan tugas.

BACA JUGA:Polsek Kedurang Sita Miras dan Pil Samcodin dari Warung Manisan

“Tamsil itu beda dengan TPG, kalau TPG penerimanya tetap karena sudah melalui SK pusat. Sementara tamsil, per triwulan banyak penerima berganti karena tidak memenuhi kriteria penerima,” pungkasnya. (rzn)

Sumber: