Hadapi Lomba Desa Wisata, Seluruh Desa Diminta Siapkan Wisata Unggulan

Hadapi Lomba Desa Wisata, Seluruh Desa Diminta Siapkan Wisata Unggulan

TINJAU: Kepala Dinas Parawisata Bengkulu Selatan pantau objek wisata Lubuk Langkap belum lama ini-Wawan Suryadi-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Seluruh desa di Kabupaten Bengkulu Selatan diminta untuk menyiapkan wisata unggulan.

Tujuannya untuk persiapan menghadapi lomba desa wisata tahun 2023. Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bengkulu Selatan meminta seluruh Pemerintah Desa (Pemdes) mempersiapkan wisata unggulannya masing-masing. Baik wisata alam, wisata buatan, wisata budaya, wisata sosial maupun wisata kuliner.

“Wacananya ada lagi kegiatan LDW tahun depan, maka itu semua Pemdes harus siap dan bisa menonjolkan wisatanya. Karena ini peluang penting untuk promosi desa sekaligus potensi wisata,” ujar Sekretaris Dispar Bengkulu Selatan, Nengsih Apriani, S.Pi.

BACA JUGA:Desa Air Tenam Masuk 10 Besar Lomba Desa Wisata Tingkat Provinsi

Dijelaskan Nengsih, gelaran LDW tidak lain untuk mendorong kemajuan pariwisata hingga ke tingkat desa. Sehingga, potensi wisata Indonesia semakin berkembang dan meningkatkan kunjungan wisatawan dari berbagai latar belakang untuk hadir dan menikmati objek tersebut.

“Nanti fokus penilaiannya pada penataan dan keindahan serta kemanan di objek wisata. Wisata yang ditonjolkan tidak harus sama, namun menarik dan bisa bernilai lebih dari wisata umumnya,” bebernya.

BACA JUGA:Desa Wisata Harus Didukung SDM Mumpuni

Sementara untuk tata cara dan langkah mengikuti LDW, Nengsih mengakku nanti akan disampaikan setelah pengumuman kegiatan LDW resmi dibuka oleh Kementerian Pariwisata RI. Semua desa dipersilahkan ikut, bahkan juga bisa mengirim lebih dari satu objek wisata unggulan.

“Kami harap jauh hari Pemdes sudah mempersiapkan objek wisatanya dan dikemas dengan semaksimal mungkin,” tutupnya. (rzn)

Sumber: dinas pariwisata bengkulu selatan