1.448 Nelayan Seluma Diusulkan Dapat Bantuan, Ini Jenis Bantuannya

1.448 Nelayan Seluma Diusulkan Dapat Bantuan, Ini Jenis Bantuannya

Kepala DKP Seluma Zuraini-DOK-raselnews.com

SELUMA, RASELNEWS.COM - Nelayan di Kabupaten Seluma kembali diusulkan mendapat bantuan dari pemerintah tahun 2023 mendatang.

Tidak tanggung tanggung jumlah nelayan yang diusulkan mendapat bantuan mencapai 1.448 orang tersebar di kawasan pantai Seluma.

Kepala Dinas Perikanan Seluma, Zuraini, mengaku usulan permohonan bantuan untuk 1.448 nelayan itu sudah disampaikan ke Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Bengkulu dan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

BACA JUGA:641 Nelayan di Kaur Dapat Bantuan BBM, Ini Rinciannya

"Karena APBD Seluma minim, usulan disampaikan ke Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bengkulu dan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan RI,' kata Zuraini.

Jenis bantuan yang diusulkan adalah alat tangkap, perbaikan tempat pelelangan ikan (TPI) Muara Maras dan pengadaan perahu fiber untuk kelompok nelayan.

"Untuk pengadaan perahu piber tidak seluruh kelompok nelayan bakal dapat, karena anggaran terbatas. Nanti secara bergantian tahun selanjutnya, yang belum mendapatkan bantuan akan diusulkan," tegasnya.

BACA JUGA:Pembangunan Pelabuhan Perikanan Nusantara, Pemda Seluma Serius

Lebih lanjut, Zuraini mengatakan tahun 2023 Pemkab Seluma juga sedang mempersiapkan lahan untuk pembangunan Pelabuhan Nusantara yang akan dibangun di Desa Pasar Seluma Kecamatan Seluma Selatan.

"Untuk pembangunan pelabuhan, tahun ini sudah dilakukan berbagai kajian dan persiapan. Untuk pelaksanaan pembangunannya tahun depan," pungkas Zuraini.

BACA JUGA:Tahun Depan, Pelabuhan Perikanan di Seluma Dibangun

Jika dilihat dari bentang wilayah, potensi perikanan tangkap di Kabupaten Seluma sangat potesial dikembangkan. Karena sepanjang Kabupaten  Seluma berbatasan langsung dengan garis pantai Samudera Hindia. Sebagian besar masyarakat yang tinggal di kawasan pantai berprofesi sebagai nelayan. (rwf)

Sumber: kepala dinas perikanan seluma