Satu Data, Bengkulu Selatan Evaluasi Statistik Sektoral

Satu Data, Bengkulu Selatan Evaluasi Statistik Sektoral

Kepala Dinas Kominfo Bengkulu Selatan Ir Susmanto-DOK-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS,COM - Pemkab Bengkulu Selatan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) bersama Bersama Pusat Statistik (BPS) Bengkulu Selatan melaksanakan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS).

Sebelum melakukan EPSS, terlebih dahulu dilakukan bimbingan teknis  (bimtek) untuk menghasilkan data akurat.

Kepala BPS Bengkulu Selatan, Mohammad Fathan Romdhoni, S.ST, M.Sc menyampaikan, kegiatan uji coba EPSS ini diharapakan dapat menyediakan informasi berdasarkan suatu kegiatan tertentu yang telah dicapai dan seberapa besar perbedaan pencapaian tersebut.

BACA JUGA:Versi BPS Tingkat Pengangguran Terbuka di Bengkulu Turun

"Untuk mengetahui seberapa besar perbedaan pencapaian, dapat menggunakan metode prinsip Satu Data Indonesia," ujar Fathan.

Sementara itu, Kepala Dinaskominfo Bengkulu Selatan Ir. Susmanto MM mengaku sangat mendukung untuk mewujudkan program Satu Data Indonesia.

Karena itu, bimtek yang dilakukan dapat memberikan pemahamn yang lebih maksimal. Apalagi metode prinsip Satu Data Indonesia ini juga dapat mengukur tingkat kematangan penyelenggaraan statistik sektoral dari validasi informasi terhadap hasil dari penilaian mandiri.

BACA JUGA:Kerusakan Infrastruktur Akibat Banjir di Seluma Masih Didata

Program Satu Data Indonesia, merupakan kebijakan untuk mendukung proses pengambilan keputusan berbasis data. “Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan pemenuhan atas data pemerintah yang akurat, terbuka, dan mudah dibagi-pakaikan antar pengguna data,” pungkasnya. (one)

Sumber: kepala bps bengkulu selatan