Jalan Lintas Bengkulu Selatan-Sumsel Longsor

Jalan Lintas Bengkulu Selatan-Sumsel Longsor

Jalan lintas Manna – Pagar Alam tepatnya di Kecamatan Ulu Manna tertimbun material longsor, Rabu (14/12) malam.-istimewa/rezan okto wesa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Jalan lintas Bengkulu Selatan (BS)-Pagar Alam Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), tepatnya di wilayah Kecamatan Ulu Manna, kembali tertimbun longsor.

Longsor terjadi Rabu (14/12/2022) malam sekitar pukul 09.34 WIB.

Longsor kembali terjadi di tiga titik lokasi di sepanjang jalan penghubung antara Kabupaten Bengkulu Selatan menuju Kota Pagar Alam, Sumsel.

BACA JUGA:Waspada, 5 Titik Jalan Rawan Longsor di Seluma

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) BS Rasyidi, S.IP, M.Si mengatakan, ketiga titik lokasi longsor tersebut berada di Desa Kayu Ajaran dan Desa Air Tenam Kecamatan Ulu Manna.

Sebagian material menutupi badan jalan yang membuat kendaraan sulit untuk melintas.

Bahkan, lalu lintas kendaraan roda empat sempat macet berjam-jam karena tidak bisa melewati material longsor.

BACA JUGA:Tanah Longsor dan Banjir di Kaur: Desa Diminta Siaga Bencana

Namun, pihaknya sudah berupaya untuk melakukan pembersihan material longsor.

Sehingga, kini kendaraan sudah kembali lancar. Namun, tetap harus ekstra hati-hati mengingat tanah sisa dari material longsor masih banyak di badan jalan.

“Kalau tidak hati-hati saat melintas, ban kendaraan khususnya roda dua bisa tergelincir. Apalagi ketiga lokasi tersebut memang rawan terjadi longsor.

BACA JUGA:Longsor Timbun Jalan Nasional, Arus Lalu lintas Lumpuh Total

Sehingga, kami minta agar pengendara yang melintas di sana harus tetap waspada. Bukan tidak mungkin masih ada longsor susulan,” bebernya.

Rasyidi mengingat, bukan hanya di tiga titik itu saja, namun di sepanjang jalan Ulu Manna tersebut merupakan lokasi rawan longsor.

Sebagai antisipasi, Rasyidi mengaku, pihaknya saat ini rutin monitoring atau mengawasi sepanjang jalan tersebut.

BACA JUGA:Hujan, Tanah Longsor dan Listrik Padam Selama 9 Jam

Terlebih lagi saat ini menjelang tahun baru 2023 ditambah cuaca ektrim seperti akhir-akhir ini. Dirinya khawatir saat tahun baru sepanjang jalan tersebut kembali longsor.

“Kita rutin monitoring untuk mengetahui apakah ada longsor atau tidak. Bahkan, saat ini di wilayah Kecamatan Ulu Manna tersebut selalu siaga alat berat.

Sebab sepanjang jalan Ulu Manna ini sedang dalam pemeliharaan.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Tanah Longsor, Satu Keluarga Tewas Tertimbun

Sehingga ketika ada longsor, alat berat dapat langsung digunakan untuk mengevakuasi material yang menutupi badan jalan,” demikian Rasyidi. (rzn)

Sumber: