Program Makmur Dipastikan Mulai Tahun Depan, Ini Targetnya

Program Makmur Dipastikan Mulai Tahun Depan, Ini Targetnya

Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi dilaporkan ke Polda Bengkulu-Wawan Suryadi-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Pemerintah Daerah (Pemkab) Bengkulu Selatan memastikan akan memulai program Mari Kita Majukan Usaha Rakyat (Makmur), tahun depan. Diterget 500 hektar lahan padi dan jagung akan masuk dalam program Makmur.

Awalnya, program yang bersinergi dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI ini akan dimulai tahun 2022 ini. Hanya saja, lantaran beberapa faktor akhirnya program tersebut tertunda. Sehingga pada tahun 2023 mendatang program tersebut dipastikan akan mulai berjalan efektif.

BACA JUGA:Pastikan Program Makmur Mengalir Ke Bengkulu Selatan

“Program Makumur ini, salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan petani di Bengkulu Selatan, terlebih selama ini sering mengeluhkan kelangkaan pupuk subsidi, maka dengan penggunaan pupuk non subsidi petani akan mendapatkan hasil maksimal dan menguntungkan, serta program ini akan dilakukan bimbingan langsung,” kata Bupati Gusnan Mulyadi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian (Distan) BS, Edi Siswanto S.Pt mengatakan, program Makmur akan dimulai sejak awal tahun depan. Bahkan, pada tahap awal ditargetkan 500 hektar lahan padi dan jagung ikut dalam program tersebut.

Melalui program ini petani akan mendapat pendampingan intensif. Selain itu, petani juga akan mendapat jatah pupuk yang dibuat khusus sesuai kondisi lahan.

BACA JUGA:Pemkab BS Terapkan Program MAKMUR, Sasarannya Petani

"Bahkan, sebelum membuat komposisi yang cocok dengan kondisi lahan, pihak perusahaan pupuk akan mengecek langsung kondisi tanah di laboratorium. Sekaligus, membuatkan komposisi pupuk yang pas dengan kondisi lahan," sebutnya.
Dijelaskan Edi, untuk percontohan program Makmur ini pihaknya akan menyasar petani di desa Padang Lebar dan Desa Muara Danau Kecamatan Seginim.

Jika percontohan program Makmur ini sukses, maka program ini akan menyebar ke seluruh wilayah di Kabupaten Bengkulu Selatan. Selain itu, untuk memperkuat ketahanan pangan, melalui program Makmur ini diharapkan dapat meningkatkan produksi petani. Sehingga penghasilan petani akan jauh lebih meningkat ke depannya.

BACA JUGA:Pastikan Program Makmur Sejahterakan Petani

“Tujuan pemerintah dengan program Makmur ini tidak lain agar hasil pertanian Kabupaten BS meningkat. Selama ini hasil satu hektar lahan padi tidak lebih dari 4 ton. Namun dengan program Makmur, hasil akan meningkat hingga dua kali lipat lebih banyak," pungkasnya. (one)

Sumber: bupati bengkulu selatan