768 RTLH di Seluma Direhab, Selesai? Belum, Ada 4.700 Rumah Lagi

768 RTLH di Seluma Direhab, Selesai? Belum, Ada 4.700 Rumah Lagi

ilustrasi bedah rumah-Ahmad Fauzan-raselnews.com

SELUMA, RASELNEWS.COM - Sebanyak 768 unit rumah tidak layak huni (RTLH) di Kabupaten Seluma sudah direhab oleh Pemkab Seluma di tahun 2022.

Hanya saja, meski Pemkab Seluma melalui Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Perhubungan (Perkimhub) sudah berupaya melakukan rehab terhadap RTLH, jumlah RTLH yang ada di Seluma masih tercatat mencapai 4.700 unit lagi.

BACA JUGA:BUMDes di Seluma Luncurkan Minuman Tradisional dan Pembersih Lantai, Ini Nama Produknya

Kepala Dinas Perkimhub Seluma, Erlan Suadi mengaku pihaknya masih mengusulkan berbagai program pengentasan RTLH agar diarahkan ke Seluma.

"Khusus untuk bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem (PKE) di Ulu Talo, selesai secara fisik.

BACA JUGA:Astaga....Tunggakan Pajak Kendaraan Dinas di Pemkab Seluma Capai Rp2 Miliar

Tapi saat ini di Seluma masih 4.700 unit lagi RTLH. Tahun depan sampai 2025 BSPS PKE di Seluma masih akan tetap dilaksanakan," ungkap Erlan.

Dari 4.700 unit RTLH yang tersebar di seluruh kecamatan yang ada, Disperkimhub Seluma menargetkan tidak ada lagi warga yang tinggal di RTLH pada 2025.

BACA JUGA:Setelah Viral, Akhirnya Dikbud Seluma Lakukan ini Ke SDN 27 Seluma

Tidak hanya melalui APBN dan APBD Provinsi Bengkulu, pemerintah desa juga diminta ikut berpartisipasi mengurangi RTLH di desa masing-masing.

“Kami akan tetap berupaya di tahun 2023 mendatang program pusat kembali bisa diterima oleh Seluma. Tapi DD yang diterima tiap desa juga dapat diarahkan untuk mengentaskan RTLH," pungkasnya. (rwf)

Sumber: