Mau Kerja di Luar Negeri? Buruan, 7 Negara Ini Buka Peluang PMI

Mau Kerja di Luar Negeri? Buruan, 7 Negara Ini Buka Peluang PMI

5 Jurusan Kuliah IPS yang Dicari Perusahaan -istimewa-pexels.com

SELUMA, RASELNEWS.COM - Informasi bagi masyarakat SELUMA yang berniat bekerja di luar negeri sebagai pekerja migran Indonesia (PMI).

7 negara masih membuka peluang PMI masuk ke negaranya. Yakni Taiwan, Malaysia, Polandia, Jepang, Kuwait, Hongkong dan Korea.

BACA JUGA:Objek Wisata Bisa Ciptakan Lapangan Pekerjaan Baru

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Seluma, Tusmi Hirawani mengaku informasi negara yang menerima PMI ini sudah disampaikan ke kecamatan dan kelurahan/desa.

Hal itu agar dapat tersampaikan kepada masyarakat.

BACA JUGA:Gubernur Bengkulu: Pekerja Wajib Terlindungi Jaminan Ketenagakerjaan

"Kalau ada warga Seluma yang masih muda dan produktif, bisa memanfaatkan kesempatan ini (menjadi PMI,red)," tegas Tusmi.

Masyarakat bisa mendatangi Dinas Nakertrans Seluma untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau meminta surat rekomendasi serta kelengkapan administrasi lainnya.

BACA JUGA:56.169 Pekerja di Bengkulu Belum Terima Bantuan Supsidi Upah

"Yang jelas harus ada perjanjian kerja dari perusahaan pemberi pekerjaan. Ditambah lagi harus melalui penyalur tenaga kerja resmi," tegasnya.

Penyaluran PMI secara resmi diakui Tusmi akan memudahkan pemerintah mengawasi kondisi para PMI di luar negeri.

BACA JUGA:23 Januari 2023 ASN Seluma Libur, Tenaga Medis Rumah Sakit Tetap Piket

Jika nantinya ada permasalahan antara PMI dengan perusahaan pemberi kerja, pemerintah dapat memberikan bantuan penyelesaian.

"Kami tegaskan agar PMI asal Seluma bisa bekerja dan masuk ke negara yang membuka lowongan kerja secara resmi. Jangan berangkat secara ilegal," pesan Tusmi. (rwf)

Sumber: