Miliki Peninggalan Megalitik dan Spot Arum Jeram, Pokdarwis Sebilo Dikukuhkan

Miliki Peninggalan Megalitik dan Spot Arum Jeram, Pokdarwis Sebilo Dikukuhkan

ARUNG JERAM : Salah satu objek wisata di Bengkulu Selatan, yakni arung jeram sungai Air Manna Desa Sebilo -Wawan Suryadi-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Untuk memaksimalkan dan terus menggali potensi wisata di Desa Sebilo  Kecamatan Pino, Dinas Pariwisata BENGKULU SELATAN mengukuhkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di desa itu.

Pokdarwis ini nanti bertugas menggali, memelihara dan mengembangkan potensi wisata di desa.

BACA JUGA:Tok!!! Sekretaris dan Bendahara Bawaslu Kaur Terbukti Korupsi

Diketahui, Desa Sebilo memiliki banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan. Mulai dari peninggalan sejarah dan potensi alam

Kepala Dinas Pariwisata Bengkulu Selatan, Rendra Febrianto, S.S, M.Si menuturkan, potensi di Desa Sebilo cukup banyak untuk dipromosikan seperti peninggalan megalitik. Misalnya batu betiang.

BACA JUGA:Bakal Calon DPD Bengkulu Rahiman Dani Ditembak 3 Kali Saat Hendak Salat Jumat

Kemudian batu lumpang ayam atau batu tempat pemandian ayam yang diyakini sebagai peninggalan nenek moyang terdahulu.

Saat ini peninggalan sejarah itu sudah menjadi cagar budaya dan dilindungi oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Jambi, Direktorat Jenderal Kebudayaan Republik Indonesia.

BACA JUGA:Prediksi BMKG, Tahun 2023 Lebih Kering

Kemudian potensi wisata alam di desa itu juga bagus. Aliran sungai manna yang berada di dekat desa itu bisa dijadikan wahana bermain air. Kemudian bisa juga dijadikan wahana arung jeram.

"Dengan diresmikannya Pokdarwis ini diharapkan dapat menjadikan Desa Sebilo sebagai desa wisata andal. Serta bisa meningkatkan perekonomian masyarakat," pungkas Rendra.

BACA JUGA:Pilkades Serentak di Seluma Digelar Bulan Juli

Disampaikan Rendra, peran Pokdarwis sangat penting dalam pengembangan potensi wisata di desa. Untuk itu, setelah dikukukan diharapkan agar terus berinovasi.

“Sehingga apa yang  diharapkan menjadi nyata, nantinya yang untung adalah masyarak itu sendiri,” pungkasnya.

Sumber: