Puluhan Bunga Raflesia Bakal Mekar Serentak di Bengkulu Selatan

Puluhan Bunga Raflesia Bakal Mekar Serentak di Bengkulu Selatan

Salah satu bonggol Bunga Raflesia yang siap mekar di kawasan Taman Hutan Bunga Raflesia Desa Kayu Ajaran Kecamatan Ulu Manna, Kamis (16/2/2023)-istimewa/rezan okto wesa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Sebanyak 24 bonggol Bunga Raflesia diperkirakan bakal mekar secara bersamaan dalam waktu dekat.

Puluhan puspa langka ini tumbuh sumbur di Taman Hutan Bunga Raflesia Dusun Pulu Libagh Desa Air Tenam Kecamatan Ulu Manna, Bengkulu Selatan.

BACA JUGA:Kades Melao Tolak PKD Pemilu 2024 Terpilih di Desanya, Alasannya Sangat Relevan

Hingga Kamis (16/2/2023), bonggol bunga raksasa ini sudah sebesar kepala orang dewasa. Diprediksi, dalam lima hari mendatang Bunga Raflesia ini akan mekar sempurna.

Ketua Komunitas Pecinta Puspa Langka (KPPL) Selatan Yogi Apri Yanto (23) mengatakan mekarnya Bunga Raflesia ini merupakan kali ketiga di wilayah Bengkulu Selatan pada tahun ini.

BACA JUGA:Pemprov Siap Fasilitasi Anggaran Pilkada Bengkulu

Sebelumnya di lokasi yang sama pernah mekar empat Raflesia Bengkuluensis. Kemudian juga ditemukan mekar sempurna di wilayah Desa Lubuk Resam Kecamatan Kedurang di awal Februari lalu.

“Jumlah bonggol yang siap mekar sudah kami hitung. Totalnya ada 24 bonggol. Setiap bonggol Bunga Raflesia ini sudah kami berikan tanda khusus agar mudah dikunjungi,” ujar Yogi.

BACA JUGA:Pemprov Bengkulu Siapkan Anggarkan Rp1,5 Miliar Atasi 80 Titik Blank Spot

Lokasi mekarnya Bunga Raflesia ini juga mudah dijangkau sehingga dapat menjadi salah satu daya tarik wisata.

Hanya butuh sekitar 10 menit berjalan kaki dari Jalan Lintas Bengkulu Selatan-Kota Pagaralam Provinsi Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Live Seksi di Instagram, Selegram Bengkulu Dicokok Polda

Akses menuju lokasi tumbuhnya bunga tersebut juga sudah dibersihkan dan dijaga tim KPPL Selatan bersama Kelompok Pemuda Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Kayu Ajaran.

Hal itu untuk memudahkan warga yang ingin berkunjung untuk melihat keindahan bunga terbesar ini.

Sumber: