Pisang Barangan Mulai Diminati, Buah Kaya Manfaat dan Ini Cara Tanamnya

Pisang Barangan Mulai Diminati, Buah Kaya Manfaat dan Ini Cara Tanamnya

KELOLA : Petani di Seluma saat mengelola hasil panen buah pisang barangan. lahan dibengkulu cocok untuk perkebunan pisang barangan-Ahmad Fauzan-raselnews.com

BACA JUGA:Jelang Ramadan, Harga Beras dan Minyak Goreng Hingga Bawang Merah di Bengkulu Selatan Naik

Untuk penanaman, terlebih dahulu disiapkan lubang. Ukuran lubang 40 cm X 40 cm X 40 cm. Setelah digali biarkan dulu lubang menganga hingga satu minggu. Tujuannya agar terkena sinar matahri langsung untuk membunuh bakteri dan jamur.

Setelah itu masukkan pupuk kandang, selang beberapa hari kemudian bibit bisa ditanam. Jarak tanam pisang ini kisaran 3 meter dengan populasi maksimal 1000 batang perhektar.

Cara pemeliharaan pisang ini terbilang mudah. Sama dengan cara memelihara tanaman pisang lainnya. Hanya saja jangan membiarkan tunas terlalu banyak. Karena akan berdampak pada kelebatan buah yang dihasilkan.

BACA JUGA:Seleksi PPPK Petugas Damkar Bengkulu Selatan, Nisan Deni: Harus Transparan

BACA JUGA:Meninggal Dunia Saat Melaut, Nelayan Seluma Dibantu Rp 42 Juta

Setelah berbuah, buang saja buah yang berada di dua sisir terakir dengan cara dipotong bagian ujung tandan. Sekaligus membuang sisa jantungnya. Ini bertujuan agar buah yang dihasilkan berukuran besar dan merata.

Buah pisang ini bisa dipanen saat suda tuah. Ciri ciri buah yang sudah tua adalah berwarna hijau tua, ukuran buahnya sudah tua dan kulitnya kencang.

Setelah dipanen buah dipisahkan dari tandan, kemudian dicuci untuk membersihkan kotoran yang menempel pada kulit buah.

Kemudian buah dikeringkan, setelah itu buah pisang Barangan siap dipasrkan. (stb)

Sumber: berbagai sumber