Pecinta Merpati Wajib Tahu, Berikut Cara Agar Merpati Cepat Jinak dan Bertelur

Pecinta Merpati Wajib Tahu, Berikut Cara Agar Merpati Cepat Jinak dan Bertelur

Ilustrasi proses penjinakan merpati-istimewa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM – Setiap pecinta burung merpati tentu menginginkan burung peliharaannya bisa cepat jinak dan bertelur.

Jika merpati jantan maupun betina jinak dan cepat bertelur, tentu akan bagus kedepannya.

Apalagi jika indukan yang dipilih merupakan merpati berkelas atau trah juara. Merpati yang jinak umumnya akan semakin cepat bertelur lantaran siklus perkawinan yang terjaga serta kondisi tempat bertelur yang aman dari jangkauan pemangsa.

Namun demikian, permasalahan menjinakan dan membuat burung merpati cepat bertelur bukanlah hal yang mudah.

Perlu teknik dan langkah khusus yang harus dilakukan para birds lover agar burung kesayangan mereka cepat menghasilkan.

Salah seorang peternak merpati di Kabupaten Bengkulu Selatan, tepatnya di Jalan Trip Kastalani Kecamatan Pasar Manna, Weza Afrianto (40) mengaku, hal utama untuk menjinakan merpati dan membuatnya mudah bertelur yakni dengan memperhatikan pola perawatan.

Sebab, kerap sekali muncul permasalahan merpati tidak mau mengeluarkan telur karena pola perawatan hariannya salah ataupun pemberian pakannya tidak tepat.

Apalagi, merpati yang dipelihara merupakan merpati generasi pertama atau anakan muda yang tentu memiliki sifat agresif yang tinggi dan cenderung aktif.

“Terdapat berbagai macam hal yang bisa menjadi penyebab burung merpati susah jinak dan jarang atau bahkan tidak mau bertelur.

Di mana sejumlah faktor penyebab permasalahan merpati jarang berbuah tersebut bisa saja terjadi entah itu karena faktor internal maupun eksternal.

Misalnya merpati kurang vitamin, kekurangan mineral serta kurang kawin dengan pasangannya,” ujar Weza.

Karena pengaruh beberapa faktor tersebut, menyebabkan burung merpati menjadi stress dan tidak ingin dekat dengan pemiliknya.

Tak hanya itu, kurangnya interaksi antara pemilik dan burung peliharaannya menyebabkan merpati cendrung agresif dan tidak betah tinggal di dalam sarang.

“Kalau ingin jinakan merpati, satu harus rajin bersihkan kandangnya dan sering beri makan. Setelah dipastikan pasangan merpati cocok dan sesuai, langsung letakan burung ini ke dalam sangkar yang pas. Bisa sangkar bambu, kayu atau dari kawat,” katanya.

Sumber: