Serentak, Pesantren Kilat di Sekolah Bengkulu Selatan Dimulai Hari ini

Serentak, Pesantren Kilat di Sekolah Bengkulu Selatan Dimulai Hari ini

Kepala Dinas Dikbud Bengkulu Selatan, Novianto-Rezan Okta Wesa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Kegiatan pesantren kilat di jenjang pendidikan dasar (SD/SMP) Kabupaten BENGKULU SELATAN (BS) serentak digelar hari ini, Senin (10/4) pagi.

Kegiatan akan diselenggarakan sepekan kedepan hingga menjelang libur hari raya Idul Fitri 1444 hijriyah.

BACA JUGA:Penerima Bantuan PIP Bengkulu Selatan Bertambah 6.424, Bupati: Hampir Seluruh Siswa Dapat Beasiswa

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bengkulu Selatan, Novianto, S.Sos, M.Si menuturkan ada banyak agenda keagamaan yang diisi selama kegiatan pesantren kilat.

Mulai dari pendidikan baca tulis al-quran, pendidikan akhlakul karimah, kaligrafi, tuntunan bacaan dan gerakan salat, dzikir akbar hingga pengajian.

BACA JUGA:Lulusan Pesantren Tahfiz Ini Dipermudah Mau Kuliah Dimana Saja

“Sudah terjadwal bahwa pesantren kilat dimulai besok pagi (hari ini). Silahkan sekolah adakan acaranya dan kemas semeriah mungkin,” ujarnya kepada Raselnews,com, Ahad (9/4/2023) sore.

Diakuinya, kegiatan pesantren kilat merupakan puncak pendidikan siswa selama bulan suci ramadhan. Diharapkan setelah kegiatan ini berlangsung, nilai-nilai agama dan pemahaman menjalankan salat wajib dan sunnah semakin bertambah.

BACA JUGA:Melihat Tradisi Ramadan di Pondok Pesantren: Ngaji Kitab Klasik Secara Bandongan

“Jadi materinya kita adopsi layaknya di pondok pesantren. Ini dinamakan pesantren kilat karena memang jadwalnya yang pendek dan cepat,” kata Novianto.

Disisi lain, melalui kegiatan pesantren kilat diharapkan menjadi kunci peningkatan akhlak siswa. Dengan kegiatan ini diharapkan siswa lebih tertib dan bisa membedakan perbuatan buruk dan positif.

BACA JUGA:SAH! Ujian Sekolah Dihapus, Murid SD Langsung Lulus, SMP?

“Tentu kami mengharapkan kelancaran acara selama pesantren kilat diadakan,” tutup Novianto. (rzn/adv)

Sumber: