5 Cara Berbakti Kepada Orang Tua yang Masih Hidup dan Telah Meninggal Dunia

5 Cara Berbakti Kepada Orang Tua yang Masih Hidup dan Telah Meninggal Dunia

cara berbakti kepada orangtua yang masih hidupi dan telah meninggal dunia-istimewa-raselnews.com

RASELNEWS.COM - Bagi seorang anak, kedua orang tuanya memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupannya. Mereka adalah orang-orang yang paling berjasa dan telah mengorbankan segalanya dengan ikhlas, baik itu pikiran, tenaga, maupun harta benda, demi kepentingan anaknya.

Tujuan mereka adalah agar anaknya tumbuh menjadi individu yang sehat jasmani dan rohani, memiliki pengetahuan, iman, dan takwa, sehingga hidupnya menjadi bahagia.

BACA JUGA:4 Syarat Sah Hewan Kurban Menurut Syariat Islam

Oleh karena itu, merupakan kewajiban bagi setiap mukmin, sesuai dengan perintah Allah SWT, untuk berbuat baik dan berbakti kepada kedua orang tua.

Allah juga mengharamkan setiap bentuk durhaka terhadap mereka, dan menjadikan durhaka kepada kedua orang tua sebagai dosa besar kedua setelah dosa syirik.

Ketika seseorang berbakti kepada kedua orang tuanya, itu berarti ia menghormati, menghargai, dan menyayangi mereka.

BACA JUGA:Ibu-Ibu Harus Tahu! Hukum Arisan Dalam Islam Menurut Ustaz Khalid Basalamah

Ia memberikan perhatian, kasih sayang, dan penghargaan kepada kedua orang tuanya dengan tulus. Ia juga bersedia melaksanakan tanggung jawabnya sebagai anak dengan sungguh-sungguh, membantu dan mendukung kedua orang tuanya dalam segala hal.

Berbuat baik kepada kedua orang tua tidak hanya dilakukan dengan ucapan, tetapi juga dengan tindakan nyata.

Anak yang berbakti akan berusaha untuk tidak menyakiti atau menyusahkan kedua orang tuanya. Ia akan berupaya menjaga hubungan yang baik dengan mereka, mendengarkan nasihat dan arahan mereka, serta memenuhi kebutuhan mereka sejauh mampu.

BACA JUGA: Ustadz Alfian Jawal: Begini Cara Mengatasi Remaja yang Suka Mabuk Dalam Perspektif Islam

Allah SWT berfirman yang artinya: "Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun, dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak." (QS. An-Nisa: 36).

Dalam sebuah hadis yang bersumber dari Abu Bakar ra, Rasulullah SAW bersabda:


الا انكر يا كَبِرَ الْكَبَائِرِ ؟ قُلْنَا بَلَى يَا رَسُولَ اللهِ قَالَ: الإشراك بالله وعقوق الوالدين رواه البخاري ومسلم الْإِشْرَاكَ وَعَقُوقُ الْوَالِدَيْنِ

Artinya: "Maukah aku kabarkan kepada kalian dosa yang paling besar?" Kami (para sahabat) berkata: "Baiklah wahai Rasulullah." Beliau bersabda. "Menyekutukan Allah dan mendurhakai kedua orang tua." (H.R Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA:Puluhan Anak di Desa Tanggo Raso Ikut Lomba Islami

5 Cara Berbakti Kepada Orang Tua yang Masih Hidup

1. Menjadikan dirinya sebagai mukmin yang shaleh  dan shalehah  yaitu yang disiplin dalam beribadah, giat melakukan perbuatan-perbuatan yang bermanfaat, membiasakan diri dengan akhlak terpuji serta menjauhkan diri dari akhlak tercela. Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

"Seorang memandang ibu bapaknya dengan penuh rasa hormat dan cinta kepada keduanya termasuk ibadah." (HR. As-Suyuthy)

2. Membiasakan diri bertutur kata lemah lembut, sopan dan hormat serta menjauhkan diri dari bertutur kata kasar dan menyakitkan hati kedua orang tua.

Sumber: